Sport
Kamis, 11 Februari 2016 - 01:30 WIB

LIGA PREMIER INGGRIS : Premier League Gunakan Logo Baru Mulai Musim Depan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo baru Liga Premier Inggris. (Standard.co.uk)

Liga Premier Inggris akan menggunakan logo baru mulai musim depan.

Solopos.com, LONDON – Liga Premier akan memakai logo baru mulai musim depan. Perubahan itu dilakukan setelah kerja sama dengan Barclays resmi brakhir musim ini.

Advertisement

Pada Juli lalu, klub-klub Liga Premier sepakat dengan strategi baru  terkait sponsorship. Tidak ada lagi sponsor yang bisa menempelkan nama pada logo Liga Premier. Mulai musim depan, Liga Premier akan memiliki tujuh sponsor utama. Dua di antaranya Nike dan EA Sports. Sementara lima lainnya akan diumumkan beberapa bulan ke depan. Tapi tidak ada yang bisa memuat brand di logo kompetisi.

Logo baru Liga Premier pun  resmi dirilis, Selasa (9/2/2016). Gambar singa masih menjadi simbol di kompetisi yang mulai bergulir pada 1992 tersebut. Singa menjadi bagian menonjol dalam logo Liga Premier karena merupakan perpaduan simbol  liga dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang menampilan gambar tiga singa. Selebihnya, hanya akan ada tulisan “Liga Premier” di logo tersebut.

Barclays meneken kontrak berdurasi tiga tahun dengan nilai 120 juta poundsterling (Rp2,3 triliun) pada 2012 untuk menjadi sponsor titel Liga Premier. Nilai tersebut mengalami kenaikan hampir 50 persen dari kontrak sebelumnya yang berkisar 82 juta poundsterling (Rp1,6 triliun). Namun perusahaan multinasional banking dan financial services yang berpusat di London tersebut memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak bernilai 40 juta poundsterling (Rp784 miliar) per tahun pada akhir musim ini.

Advertisement

Barclays sudah menjadi sponsor utama Liga Premier sejak 2001. Seperti diketahui bank raksasa tersebut bisa memuat brand sebagai bagian dari nama kompetisi, yakni Barclaycard Premiership dan berubah menjadi Barclays Premier League pada 2004. Sebelum Barclays terlibat, sponsor utama Liga Premier dipegang Carling pada 1993-2001.

Keputusan untuk tidak memakai leader sponsor pada Liga Premier bertujuan untuk memudahkan komunikasi dengan penggemar kompetisi ini yang tersebar di seluruh pelosok dunia. Liga Premier rupanya bercermin dengan semangat organisasi liga-liga olahraga dari Amerika, seperti NBA dan NFL yang bersih dari sponsor pada logo dan nama mereka.

“Mulai musim depan kami akan mencoret titel sponsor dan kompetisi, keputusan itu dilakukan untuk membuka peluang bagaimana kami ingin mempresentasikan diri sebagai organisasi dan kompetisi,” jelas Managing Director Liga Premier, Richard Masters, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (9/2/2016).

Advertisement

Namun baru saja dirilis, logo baru Liga Premier langsung mendapat cibiran di media sosial. Banyak yang menilai gambar singa di logo baru tersebut seperti kartun. “Terdapat kesedihan di matanya [singa],” tulis editor @espnfc, James Dall, dalam akun Twitter-nya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif