Sport
Kamis, 11 Februari 2016 - 06:30 WIB

LIGA INGGRIS 2015/2016 : Ferdinand Minta MU Tak Salah Pilih Pelatih

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manager Manchester United, Louis van Gaal, terlihat menunduk memperhatikan catatannya duduk bersama assistant pelatih Ryan Giggs. JIBI/Reuters/Rebecca Naden

Liga Inggris 2015/2016 diwarnai dengan isu pemecatan Louis Van Gaal sebagai manajer Manchester United.

Solopos.com, MANCHESTER – Manchester United diisukan bakal mendepak Louis Van Gaal dan menggantikan dengan pelatih baru. Mantan bek MU, Rio Ferdinand, meminta mantan klubnya itu tidak salah pilih pelatih.

Advertisement

Van Gaal memang masih menjadi pelatih MU. Namun masa depannya mulai dispekulasikan seiring menurunnya performa Setan Merah. Dia diprediksi bakal didepak akhir musim ini. Jose Mourinho adalah nama yang santer diberitakan akan menjadi suksesor Van Gaal di MU.

Sejak ditinggal Sir Alex Ferguson pensiun, MU belum memiliki pelatih yang mampu mengangkat ke performa terbaik. David Moyes langsung didepak ketika 10 bulan menangani MU setelah Fergie. Tugasnya dilanjutkan Ryan Giggs hingga akhir musim.

Kemudian MU menggaet Louis Van Gaal. Van Gaal memang sukses mengembalikan MU ke Liga Champions musim ini. Namun, performa MU tak bagus-bagus amat. Di Liga Inggris 2015/2016 mereka tertahan di posisi kelima, sementara di Liga Champions mereka juga sudah tersingkir dan turun kasta ke Liga Europa.

Advertisement

Melihat hal tersebut, Ferdinand menilai MU harus membuat keputusan yang tepat. Menurutnya jika ingin mengganti Van Gaal, MU harus benar-benar menunjuk sosok yang tepat. Meski mempertahankan Van Gaal juga bukan sesuatu yang buruk, karena kontrak manajer asal Belanda itu baru akan berakhir 2017 mendatang.

“Saya pikir jika mereka mendatangkan orang lain, itu merupakan sebuah keputusan besar karena kalau yang ini tidak berjalan bagus, itu bisa saja menjadi sebuah siklus yang panjang,” ujar Ferdinand seperti dikutip dari Soccerway, Rabu (10/2/2016).

“Kami tak ingin menjadi pengulangan atas apa yang dilalui Liverpool. Manchester United tidak ingin selama itu tak benar-benar menjadi juara, tak sukses, dan tidak bersaing memperebutkan titel. Itu tak boleh terjadi di Man United,” sambungnya.

Advertisement

“Masalah yang mereka miliki sekarang adalah siapa yang mereka pilih. Apakah mereka akan memilih seseorang yang sudah meraih kesuksesan, seseorang yang tahu bagaimana menangani tim seperti Jose Mourinho, atau mereka akan memilih seseorang dari dalam klub seperti Ryan Giggs. Itulah masalah yang mereka punya dan pertanyaan-pertanyaan yang harus ditanyakan. Kalau saya tahu jawabannya, saya akan menjadi CEO,” paparnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif