Entertainment
Kamis, 11 Februari 2016 - 02:10 WIB

LAGU TERBARU : Lagu Formation Milik Beyonce Tuai Kontroversi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beyonce merilis lagu Formation (Billboard)

Lagu terbaru Formation milik Beyonce menuai kontroversi di berbagai kalangan karena dianggap menghina ras kulit putih.

Solopos.com, LOS ANGELES  Beyonce resmi merilis single dan video klip terbarunya berjudul Formation pada Sabtu (6/2/2016) lalu. Beberapa saat setelah dirilis, diva ternama itu kini menuai kritikan dari berbagai kalangan lantaran video klipnya dinilai menghina aparat penegak hukum dan masyarakat ras kulit putih di Amerika Serikat.

Advertisement

Dalam video yang diunggah label musik Tidal di Youtube, Beyonce terlihat duduk di atas mobil polisi yang terendam air. Di salah satu adegan terlihat sebuah koran dengan headline korban penindasan kulit hitam dan dinding bertuliskan, “berhenti tembaki kami”.

Tak hanya itu, Beyonce juga menunjukkan kebanggaannya menjadi seorang berkulit hitam dengan mendaulat orang kulit hitam menjadi model video klipnya. Hal itu pun menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan.

Menanggapi kontroversi tersebut, Beyonce justru senang karena kritiknya tersampaikan. “Aku ingin orang-orang bangga atas dirinya dan mencintai dirinya apa adanya,” kata istri rapper Jay-Z tersebut.

Advertisement

Kritik pun berlanjut setelah ia menunjukkan penampilan spektakulernya saat jeda pertandingan futbol Super Bowl akhir pekan lalu. Ia mendapatkan kritikan dari Mantan Walikota New York, Rudy Giuliani, karena dianggap menghina penegak hukum.

Rudy mengatakan penampilannya di Super Bowl saat lagu Formation dengan para penari berkostum black panther merupakan hal yang konyol. Black panther sering digunakan sebagai simbol perlawanan kulit hitam.

”Ini pertandingan futbol, bukan ajang hiburan menyanyi ala Hollywood di Los Angeles. Saya pikir dia keterlaluan. Ia memanfaatkan acara tersebut untuk menyerang polisi yang melindungi kita. Jika memang salah, akan kita perbaiki bersama. Hormatilah mereka yang telah mengorbankan nyawanya,” kata Giuliani seperti dilansir Contactmusic, Rabu (10/2/2016).

Advertisement

Melalui lagu Formation, Beyonce memang menyuarakan kritik sosial terhadap kasus kekerasan oleh polisi Amerika Serikat terhadap warga sipil kulit hitam serta ketidakadilan berbasis ras di negeri Paman Sam. (Afroh Ellyfa/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif