Lifestyle
Kamis, 11 Februari 2016 - 09:55 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Jangan Lakukan 3 Hal Ini Pada Vagina Anda

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi rok wanita (Fasfoodies.com)

Info hidup sehat kali ini mengulas cara merawat kesehatan organ vital wanita.

Solopos.com, SOLO — Sebagai organ intim wanita, vagina harus dirawat baik-baik. Jika tidak, akan muncul potensi gangguan kesehatan pada alat reproduksi wanita ini.

Advertisement

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Womenshealthmag, Rabu (10/2/2016), pada umumnya wanita melakukan tiga kesalahan saat bermaksud merawat kesehatan vagina.

Tiga kesalahan umum perawatan alat vital wanita yang musti dihindari itu adalah ratus vagina, obat-obat vagina, dan memasukkan benda-benda asing.

1. Ratus Vagina
Ada sebagian kalangan yang menganggap ratus vagina adalah metode aman membersihkan vagina. Dalam proses ratus ini, vagina diuapi dengan asap ramuan aroma terapi.

Advertisement

Sekilas memang tak ada yang salah dengan ratus vagina ini. Namun tahukah Anda? Uap hangat yang masuk ke vagina justru bisa membahayakan kelembapan vagina dan kesehatan organ reproduksi wanita.

Menurut Raquel Dardik, MD, profesor klinis di Departemen NYU Langone Medical Center, uap vagina berpotensi membakar bagian dalam vagina. “Penguapan tidak bisa dipastikan aman karena akan membakar vagina Anda,” katanya.

2. Obat Vagina
Jangan termakan iklan komersil soal obat kewanitaan yang bisa membuat vagina Anda senantiasa keset dan wangi. Menurut Dardik, wanita tidak harus menggunakan obat-obat vagina yang beredar di pasaran, ketika merasa keputihan atau tidak nyaman dengan kondisi vaginanya.

Advertisement

Bahkan, Dardik mengimbau para wanita untuk tidak coba-coba membuat ramuan sendiri untuk merawat vagina.

“Anda tidak harus mencoba mengobati diri sendiri dengan obat buatan sendiri seperti dengan menggunakan bawang putih atau minyak pohon teh,” kata Dardik.

“Aku pernah melihat luka bakar yang diakibatkan bahan kimia dari beberapa saran kesehatan di Internet. Zat-zat kimia bisa membakar vagina bagian dalam, ini bukan sesuatu yang saya harapkan terjadi pada siapa pun,” tegas Dardik.

3. Benda Asing
Pahamilah, benda asing yang boleh masuk ke vagina adalah jari, mainan seks, dan alat kontrasepsi. Jangan coba-coba memasukkan benda lain, seperti mentimun, pisang, atau alat-alat dapur. Benda-benda tersebut bisa membuat vagina Anda iritasi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif