Soloraya
Kamis, 11 Februari 2016 - 16:15 WIB

BANJIR KARANGANYAR : Sering Kebanjiran, Warga Daleman Simpan Barang di Bawah Atap

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Banjir di Daleman, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Kamis (11/2/2016). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Banjir Karanganyar kembali terjadi di Dukuh Daleman akibat luapan Bengawan Solo.

Solopos.com, KARANGANYAR — Luapan Sungai Bengawan Solo tak membuat warga Dukuh Daleman, RT 007/RW 006, Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar, panik. Mereka siap apabila luapan air menggenangi rumah sewaktu-waktu.

Advertisement

Warga Daleman membuat tempat penyimpanan di bawah atap rumah. Jika banjir akan datang, mereka tinggal menaikkan sejumlah barang elektronik dan perabot rumah tangga ke tempat penyimpanan.

“Ya sudah menaikkan barang-barang mbak. Barang yang sekiranya bisa dinaikkan dulu. Nanti kalau banjir sewaktu-waktu tinggal bawa yang besar sekalian mengungsi,” tutur warag daleman Ningsih saat ditemui di depan rumahnya, Kamis (11/2/2016).

Pada Rabu (10/2/2016) pukul 22.00 WIB, sebanyak 15 rumah di Dukuh Daleman terendam air luapan Sungai Bengawan Solo. Air berangsur-angsur surut pada Kamis pukul 03.00 WIB. Berdasarkan pantauan, air sudah tidak menggenangi rumah pada pukul 07.00 WIB. Tetapi, air masih menggenangi jalan di depan masjid hingga gapura menuju Dukuh Daleman.

Advertisement

Ketua RT 007, Budi H. S., mengatakan ketinggian air mencapai 1,5 meter. “Mulai dari utara lalu ke selatan. Ketinggian air di utara mencapai 1,5 meter. Kalau yang dangkal 0,5 meter. Kamis pagi mulai surut. Warga mulai membersihkan lumpur dan kotoran yang masuk rumah,” tutur Budi saat ditemui wartawan.

Budi menceritakan sebagian warga mengungsi ke tenda milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar. BPBD juga menyalurkan bantuan Sembako, berupa empat dus mi instan, empat dus air mineral, 20 kilogram beras, 24 kaleng lauk pauk, 5 kilogram gula pasir, 3 bungkus minyak goreng, dan teh.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif