Teknologi
Rabu, 10 Februari 2016 - 00:00 WIB

TIPS INTERNET : Ini Trik Jaga Keamanan Smartphone Versi Google

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penggunaan Internet menggunakan smartphone (Istimewa/Huffington Post)

Tips Internet kali ini tentang cara menjaga keamanan online versi Google.

Solopos.com, JAKARTA Smartphone sudah menjelma menjadi komputer mini yang memungkinkan orang mengakses informasi dan layanan apa saja bagi mereka yang sibuk.

Advertisement

Namun semakin mudah akses ke Internet, semakin besar pula risiko keamanan mengintai. Kita bisa menghindarinya dengan beberapa langkah sederhana. Berikut ini tips sederhana menjaga kemananan saat online dari Google seperti dilansir Kantor Berita Antara, Selasa (9/2/2016).

1. Kunci Layar

Advertisement

1. Kunci Layar

Langkah pertama saat membeli telepon seluler atau perangkat baru, menurut Google, mengatur penguncian layar. Tergantung sistem operasi telepon seluler, Anda dapat mengatur kode PIN, password atau pola guna mencegah orang lain membuka informasi pribadi Anda.

2. Pilih Aplikasi Paling Aman

Advertisement

Perhatikan hal-hal berkaitan persyaratan sistem dan kebijakan privasi untuk memahami apa saja informasi pribadi yang dapat diakses aplikasi. Google menganjurkan agar pengunduhan aplikasi dari sumber resmi, di antaranya Google Play Store di perangkat Android atau di Itunes di Iphone.

3. Hati-Hati Gunakan Wifi

Selain itu, jaringan Wifi yang terbuka untuk umum atau yang tidak dikenal dapat dimanfaatkan sebagai gerbang penyalahgunaan informasi pribadi.

Advertisement

Berhati-hatilah ketika melakukan penjelajahan Internet di jaringan tidak diketahui, semisal jaringan Wifi terbuka seperti di kafe Internet. Penyedia layanan mungkin memantau semua lalu-lintas di jaringannya, termasuk memantau informasi pribadi apabila koneksi tidak dienkripsi.

Oleh karena itu, ketika menggunakan Wifi umum, hindari memasukkan informasi pribadi seperti nama pemakai dan password atau melakukan transaksi dalam jaringan, di antaranya transaksi perbankan ataupun belanja dalam jaringan.

4. Lindungi Anak sejak Dini

Advertisement

Apabila memiliki putra-putri, bekalilah mereka dengan pemahaman mana saja situs yang tepat untuk usia mereka, informasi yang dapat mereka berikan kepada orang lain, dan mereka juga perlu dibekali pemahaman mengenai pentingnya password atau PIN yang baik.

Pemahaman ini penting agar mereka tidak sembarangan menginformasikan kepada orang lain. Sama pentingnya dengan pemahaman saat Anda memberikan informasi agar mereka tidak berinteraksi dengan orang tidak dikenal di tempat umum.

Tanyakan kepada putra-putri Anda apabila mereka menerima pesan yang meminta informasi pribadi agar orang tua juga diinformasikan dan jangan pernah menanggapi pesan-pesan dengan menawarkan hadiah.

5. Aktifkan Android Device Manager

Apabila telepon selular hilang, maka lokasi perangkat dapat diketahui dengan cara mengaktifkan Android Device Manager agar dapat mencari lokasi telepon selulernya di peta, secara jarak jauh.

Bunyikan atau kunci, lakukan panggilan telepon, atau hapus semua yang ada di dalam telepon seluler. Namun, kabar lain menyebutkan fitur tersebut akan hadir di perangkat lain, dan bukan untuk perangkat yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif