News
Rabu, 10 Februari 2016 - 11:25 WIB

SOLO GREAT SALE 2016 : Maskapai Pangkas Harga Tiket Selama Februari 2016

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bandara (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solo Great Sale 2016 yang digelar selama Februari diikuti pula oleh maskapai penerbangan.

Solopos.com, SOLO — Pesta diskon akbar Solo Great Sale (SGS) 2016 diharapkan mendongkrak bisnis penerbangan dan pariwisata di Soloraya. Sejumlah maskapai penerbangan pun kompak untuk memangkas tarif penerbangan selama Februari 2016.

Advertisement

Sales Representative Sriwijaya Air Solo, Nur Sapto Siwi, mengatakan maskapai penerbangan setempat memberikan potongan harga spesial untuk pelanggan.

Calon penumpang dengan rute penerbangan Solo-Jakarta yang biasanya membayar Rp409.000/tiket kini hanya dibebani Rp377.000/tiket.

“Saat ini penerbangan sangat ramai, bahkan load factor masih 100 persen karena bertepatan juga dengan Imlek. Tetapi untuk program SGS kami belum bisa menghitung kenaikannya,” jelasnya saat dihubungi wartawan, Selasa (9/2/2016).

Advertisement

Saat ini, Sriwijaya Air melayani penumpang dengan rute terbang Solo-Jakarta tiga kali sehari.

Station Manager Lion Air Solo, Adhitya Yudha, mengatakan pada Februari ini memiliki program untuk menggenjot load factor. “Tarif penerbangan rute Solo-Jakarta yang semula Rp450.000/tiket kini harganya Rp356.000/tiket,” paparnya saat dihubungi wartawan, Selasa (9/2/2016).

Dia mengaku program tersebut untuk mengatasi low season yang terjadi pada awal Februari. Rencananya, Lion Air mengurangi jadwal penerbangan dari lima kali menjadi empat kali sehari.

Advertisement

Pengurangan tersebut dilakukan untuk menghemat biaya operasional. Kendati demikian, sangat memungkinkan saat peak season bakal menambah lagi jadwal penerbangan. Selain Jakarta, Lion Air melayani beberapa rute seperti Batam, Balik Papan, Bandung, dan Surabaya.

Sementara, Manager Operasi dan Teknik Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Yaka Sulistya W., mengatakan awal Februari jumlah penumpang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Awal bulan ini penumpang sangat banyak, apalagi tiga hari long weekend karena libur Imlek. Mayoritas mereka pulang kampung maupun berwisata,” jelasnya saat dihubungi, Selasa.

Dia optimistis bisnis penerbangan di Solo bisa bergairah di saat low season awal tahun. “Kami berharap event SGS ini membuat pelaku usaha semakin terbuka dan banyak masyarakat yang menggunakan maskapai penerbangan,” papar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif