Teknologi
Rabu, 10 Februari 2016 - 00:30 WIB

SOFTWARE ANTIVIRUS : Ini Profil 9 Antivirus Lokal Terbaik

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Smadav (Istimewa/Okezone)

Software antivirus lokal terbaik ada sembilan. Apa saja?

Solopos.com, SOLO — Pernahkah Anda mendengar nama trojan atau malware. Ya, dua nama itu adalah virus yang paling sering ditemukan pada perangkat komputer atau laptop.

Advertisement

Cara memberangus virus komputer itu bisa dilakukan dengan cara menginstal ulang operating system (OS) atau melengkapi perangkat komputer tersebut dengan pengaman berupa antivirus.

Berikut ini sembilan antivirus buatan Indonesia yang diakui dunia sebagaimana dikutip dari Boombastis.com, Selasa (9/2/2016).

PC Media Antivirus (PCMAV)

Advertisement

PC Media Antivirus (PCMAV) adalah salah satu antivirus buatan lokal yang cukup populer dan digemari tidak hanya oleh orang Indonesia saja, melainkan juga sudah merambah ke luar negeri. Kehebatannya di dalam database PCMAV, masing-masing virus yang terdeteksi akan dibasmi dengan cara tersendiri.

Pemusnahan virus tersebut tidak dilakukan serampangan sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan sistem, file atau dokumen penting setelah antivirus ini melakukan scanning.

SmadAV

SmadAV juga termasuk antivirus buatan lokal yang dapat diunduh secara gratis. Antivirus SmadAV mampu beroperasi bersamaan meski di dalam PC atau laptop sudah terdapat antivirus lainnya, tanpa membuat perangkat menjadi berat.

Advertisement

Smadav juga bisa digunakan sebagai penghapus virus-virus yang terbawa dan bermuara di dalam flashdisk. Proses scanning virus terbilang sangat cepat tanpa membuat memori banyak terpangkas.

ANSAV Antivirus

Satu lagi software antivirus buatan lokal yang patut diandalkan, yakni Ansav Antivirus yang juga tak kalah hebat dari dua program penghapus virus sebelumnya. Ansav Antivirus berisi fasilitas menarik yang dapat diatur dengan leluasa dan mudah.

Kelebihannya, Ansav memiliki ukuran kecil dan tidak butuh tempat besar ketika diinstal ke dalam PC atau laptop. Antivirus ini juga menjadi salah satu kompetitor terdekat PCMAV dan SmadAV.

Advertisement

Blue Atom Antivirus

Blue Atom Antivirus adalah program penghapus virus, trojan dan malware yang dibuat seorang anak kelas XI E SMP di Surabaya, Jawa Timur bernama Alvin Leonardo. Hebatnya, antivirus buatannya tersebut mendapatkan verifikasi 100% clean dari Softpedia.com pada tanggal 19 Oktober 2009.

Alvin belajar secara otodidak dan mempelajari tiga bahasa pemrograman sekaligus yaitu Visual Basic, C#, dan Assembler (ASMX 86).

Artav Antivirus

Advertisement

Artav Antivirus diciptakan oleh dua pemuda asal Kota Bandung, Jawa Barat, yakni Taufik Aditya Utama, selaku desainer dan Arrival Dwi Sentosa, sebagai programmer.

Antivirus ini dapat diandalkan ketika PC atau laptop Anda bermasalah karena terserang virus atau malware. Software antivirus Artav telah menyabet empat penghargaan baik dari perusahaan atau media internasional.

Avigen Antivirus

Avigen Antivirus juga software buatan lokal. Selain sebagai antivirus, ia juga dapat mengatasi file-file yang terinfeksi virus yang umumnya disebarkan oleh para peretas nakal seperti worm, hacktool, exploit script dan trojan horse.

Fasilitas lain yang terdapat pada Avigen Antivirus di antaranya registry tweak, scan running process, process viewer dan scan autorun location. Ia juga telah mengantongi sertifikasi 100% clean dari Softpedia.com.

Codenesia Malware Cleaner (CMC)

Advertisement

CMC merupakan software antivirus lokal yang memiliki kualitas mumpuni untuk mengatasi segala macam virus atau malware buatan dalam atau luar negeri. Proses scanning dengan tingkat akurasi yang tinggi, menjadikan CMC cukup ampuh untuk dijadikan benteng penjaga perangkat komputer atau laptop Anda.

Elkav Antivirus

Elkav Antivirus merupakan antivirus lokal yang berstatus tak berbayar atau freeware dan lebih menitikberatkan untuk mengatasi virus-virus lokal. Antivirus ini akan melakukan fast scanning yang akurat dan tidak sembarangan mengidentifikasi file serta di dalam databasenya terdapat banyak sekali varian-varian virus.

Gucup Antivirus (GAV)

Gucup Antivirus (GAV) diciptakan oleh Yusuf Theretsa Patiku seorang mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Seperti halnya Blue Atom Antivirus, Softpedia juga telah memberikan sertifikasi 100% clean untuk antivirus satu ini. Dalam membuatnya, Yusuf menggunakan Microsoft Visual Studio Net 2003 dengan bahasa pemrograman C#.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif