Teknologi
Rabu, 10 Februari 2016 - 01:00 WIB

SERBA LIMA : Inilah 5 Robot Canggih Buatan Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Robot Pemadam Api (Okezone)

Serba lima kali ini mengulas tentang robot canggih buatan lokal.

Solopos.com, SOLO — Indonesia memang masih tertinggal jauh dari Amerika  Serikat atau Jepang dalam bidang teknologi. Tapi kini teknologi robot Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda kebangkitan.

Advertisement

Ya, saat ini sudah banyak sekolah-sekolah dan kampus mulai membuat klub robotika untuk mengenalkan teknologi robot kepada para siswanya. Bahkan, saat ini sudah marak bermunculan klub robotika secara mandiri untuk mengenalkan teknologi robot kepada masyarakat.

Kita patut berbangga lantaran Indonesia telah banyak memproduksi robot-robot hebat yang bisa berguna, baik di bidang militer dan industri. Berikut ini lima robot hebat buatan anak bangsa sebagaimana dikutip dari Boombastis.com, Selasa (9/2/2016).

Advertisement

Kita patut berbangga lantaran Indonesia telah banyak memproduksi robot-robot hebat yang bisa berguna, baik di bidang militer dan industri. Berikut ini lima robot hebat buatan anak bangsa sebagaimana dikutip dari Boombastis.com, Selasa (9/2/2016).

Robot Tempur TNI AD

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) di Malang, Jawa Timur, membuat terobosan spektakuler dengan membuat prototype robot tempur yang menyerupai miniatur kendaraan tempur tank.

Advertisement

Kendati memiliki ukuran cukup mungil, robot TNI AD itu mampu menarik beban yang bobotnya mencapai 150 kilogram dan bergerak dengan kecepatan 60 km/jam. Robot tempur ini juga dilengkapi dua baterai berdaya 36 volt yang ditanam di dalam bodinya.

Robot Gegana

Tim penjinak bom (jibom) Gegana Brimob, Polri, juga tidak mau kalah dengan TNI. Mereka berhasil menciptakan Robot Gegana yang berfungsi untuk menjinakkan bom dari jarak jauh.

Advertisement

Robot ini juga berguna untuk mengurangi risiko terkena ledakan atau serpihan bom. Dengan robot ini pula, Tim Gegana tidak perlu bersusah payah mendekat ke lokasi dan cukup mengendalikan robot ini dari jauh. Selain itu, Robot Gegana juga bisa digunakan untuk menembak dan menarik beban hingga 70 kilogram.

Aurora

Robot Aurora diciptakan oleh Yohanes Surya. Ia mengadopsi model salah satu kendaraan tempur miliki Amerika Serikat (AS). Aurora kali pertama diperkenalkan ke publik pada pameran The Biggest Premiere Exibion in Indonesia.

Advertisement

Robot canggih berbadan kuat ini dilengkapi peralatan hebat seperti Airsoft Gun yang bisa digunakan untuk menyerang musuh. Ia juga dapat bertahan untuk menghalau serangan pada saat perang.

Moro Lipi

Indonesia juga memiliki salah satu robot hebat yang berfungsi sebagai penjinak bom. Robot buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu adalah salah satu wujud pengembangan teknologi robot di Indonesia.

Prototype robot ini secara perdana dibuat pada 2004 silam. Robot penjinak bom itu dirilis pada tahun 2010 setelah mengalami beberapa kali penyempurnaan.

Robot Pemadam Api

Satu lagi robot mutakhir yang mampu dibuat anak bangsa adalah robot Beater 2.3. Robot yang berfungi memadamkan api ini dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Sultan Agung. Robot ini juga pernah memenangi kontes. Ia berguna untuk membantu petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif