Sport
Rabu, 10 Februari 2016 - 21:25 WIB

KARIER PELATIH : Rumor Baru! Mourinho Sepakat Tangani MU

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jose Mourinho. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Karier pelatih Jose Mourinho yang dilaporkan bakal melatih Manchester United mulai musim depan.

Solopos.com, MANCHESTER — Ambisi Jose Mourinho kembali berkarier di  Liga Premier sepertinya segera menjadi kenyataan. Pelatih berkebangsaan Portugal itu dilaporkan sudah sepakat menukangi Manchester United mulai musim depan.

Advertisement

Kabar itu sebagaimana dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (10/2/2016). Media terkemuka Inggris itu menyebut Mourinho membocorkan kepastian menjadi pengganti Louis van Gaal kepada teman dekat yang tidak diungkap identitasnya.

Terlepas dari kebenaran akan hal itu, rumor Mourinho menggusur Louis van Gaal telah berembus sejak lama. Mou, panggilan Mourinho, menarik minat sejumlah klub elite Eropa sejak dipecat Chelsea pada Desember 2015 silam. Dia di antaranya dikaitkan dengan tim-tim Liga Premier dengan United disebut sebagai salah satu yang terdepan.

United mengincar jasa pelatih yang juga pernah menangani Inter Milan dan Real Madrid itu menyusul prestasi tak memuaskan klub dalam hampir dua tahun di bawah Van Gaal. Bila menjadi kenyataan, Mou praktis akan bertemu pesaing beratnya semasa di Spanyol, Josep “Pep” Guardiola. Hal itu mengingat kepastian pelatih terakhir menjadi manajer anyar Manchester City mulai musim depan.

Advertisement

Perseteruan kedua manajer pun akan makin memanaskan persaingan United dan City. Dua raksasa Inggris itu dikenal sebagai rival sekota dan sama-sama ingin mendominasi panggung Liga Premier. Meski begitu, kans United memilih Mou memicu reaksi negatif dari dalam dan luar klub. Legenda United, Bryan Robson, secara terbuka mengaku lebih menyukai Ryan Giggs dibandingkan Mourinho.

Giggs dinilai jauh lebih tepat menjadi pengganti Van Gaal dan Robson bahkan yakin asisten Van Gaal itu akan membawa tim kepada kejayaan seperti yang dilakukan Pep Guardiola semasa di Barcelona. “Ryan [Giggs] bisa menjadi Guardiola-nya United dan saya yakin akan hal itu. Dia seorang pemikir yang akan bekerja keras merebut poin dari setiap laga,” kata Robson.

“Orang-orang berbicara tentang otak dan kepandaian Guardiola dalam sepak bola dan Ryan memiliki kelebihan yang sama. Dia cuma butuh kesempatan untuk membuktikan itu pada saatnya Van Gaal pergi,” lanjut dia.

Advertisement

United mengalami periode kelam sejak ditinggalkan eks manajer mereka, Sir Alex Ferguson. Tim berjuluk Setan Merah itu finis di urutan ketujuh klasemen liga 2013/2014 dan gagal melenggang ke pentas Eropa. Nasib United lebih baik semusim berikutnya, yaitu Wayne Rooney finis di urutan keempat klasemen liga 2014/2015 dan mereka kembali ke pentas Liga Champions musim ini. Sayang, kiprah mereka kandas di babak grup.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif