News
Rabu, 10 Februari 2016 - 17:30 WIB

INVESTASI INDONESIA : Ini Janji JK Atasi Gelombang PHK Massal

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PHK (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Investasi Indonesia sedang diuji dengan sejumlah ancaman PHK massal oleh sejumlah perusahaan akibat perlambatan ekonomi.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah bertekad mengakselerasi pertumbuhan ekonomi 2016 dengan berbagai strategi demi menanggulangi tindak pemutusan hubungan kerja yang marak terjadi di Indonesia.

Advertisement

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah sebenarnya tak memiliki tanggung jawab langsung terhadap kondisi tenaga kerja yang mengalami PHK. Namun pemerintah memiliki kewajiban mensejahterakan masyarakat melalui penyediaan lapangan kerja.

“PHK kan ada aturannya, yang menanggung perusahaan, bukan pemerintah. Intinya meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih baik lagi,”jelasnya, Rabu (10/2/2016).

Sebelumnya, Kementerian Tenaga Kerja dan Kementerian Perindustrian berencana untuk menyiapkan program cadangan untuk mengantisipasi adanya aksi pemutusan hubungan kerja. Menteri Tenaga Kerja M. Hanif Dhakiri menyatakan bahwa jika semua tahapan telah dilakukan dan PHK tidak dapat dihindari, pihaknya akan menyiapkan beberapa program seperti skema kewirausahaan maupun pelatihan keterampilan untuk dapat bekerja ke sektor lain.

Advertisement

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan bahwa pihaknya bersama kementerian teknis lain yang terkait dengan ketenagakerjaan akan mengadakan rapat terbatas mengenai pelatihan kerja.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif