News
Rabu, 10 Februari 2016 - 11:00 WIB

INDONESIA PRINT MEDIA AWARD 2016 : "Petaka Terbang 2 Menit" Antar Solopos Raih Penghargaan IPMA

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemimpin Redaksi Solopos Suwarmin menerima penghargaan Indonesia Print Media Award (IPMA) 2016 yang diserahkan Ketua Dewan Pers Bagir Manan di Golden Palace Hotel, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/2/2016). (JIBI/Lahyanto Nadie)

Indonesia Print Media Award 2016 dimenangkan Solopos untuk kaver terbaik kategori silver.

Solopos.com, MATARAM — Harian Umum Solopos kembali memenangkan penghargaan sebagai koran dengan kaver atau sampul muka surat kabar terbaik di regional Jawa kategori silver. Solopos memenangkan penghargaan itu bersama sejumlah media cetak dalam kategori lain.

Advertisement

Kaver “Petaka Terbang 2 Menit” Solopos Edisi 1 Juli 2015. (Dok)

Penghargaan itu diserahkan dalam puncak acara Indonesia Print Media Award (IPMA) 2016 di Golden Palace Hotel, Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/2/2016) malam.

Kaver Solopos edisi 1 Juli 2015 dengan headline Petaka Terbang 2 Menit, berhasil mengungguli puluhan kaver koran lain dari seluruh Pulau Jawa. Ajang yang diselenggarakan Serikat Perusahaan Pers (SPS) ini mengusung tema Kreativitas dan Inovasi Tanpa Batas. Acara ini dihadiri pengelola media dari seluruh Indonesia dan para pemerhati media.

Advertisement

Juri dalam ajang IPMA antara lain Ndang Sutisna, Agus Susanto, Oscar Matulloh, Arif Prabowo, dan Janoe Arijanto. ”Materi pada ajang kali ini berkurang namun secara kualitas sedikit membaik. Teman-teman di daerah terlalu banyak yang ingin ditampilkan, kurang fokus pada headline dan gambar,” kata salah satu juri, Ndang Sutisna.

Pemimpin Redaksi Solopos Suwarmin mengatakan penghargaan yang diterima Solopos ini merupakan buah konsistensi dalam bekerja dari seluruh tim di Solopos.

”Setiap tahun kami menerima penghargaan ini. Ini buah kerja keras seluruh awak Solopos. Tantangan ke depan adalah bagaimana mengikat pembaca dengan tampilan prima dan konten yang berbobot,” kata Suwarmin.

Advertisement

Selain Solopos, media anggota Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) yakni Harian Jogja juga menerima penghargaan serupa kategori bronze.

Kaver dengan headline Petaka Terbang 2 Menit mengulas kecelakaan pesawat Hercules C-130 dengan nomor registrasi A-1310 yang jatuh menimpa pertokoan di Jl. Jamin Ginting Medan, Sumatra Utara.

Sampul muka itu mengupas peristiwa kecelakaan secara lengkap mulai dari foto utama yang secara gambar sangat kuat, berita peristiwa dilengkapi dengan feature tentang pilot dan copilot, serta data pendukung ihwal kecelakaan pesawat Hercules yang pernah terjadi di Indonesia.

Acara itu juga dimeriahkan pameran sampul muka surat kabar terbaik IPMA 2010-2016. Kaver Solopos berjudul Jepang Darurat Nuklir yang mengulas peristiwa setelah tsunami di Jepang pada 2011 ikut dipajang bersama kaver terbaik lainnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif