Teknologi
Rabu, 10 Februari 2016 - 05:30 WIB

FENOMENA UFO : Ini 10 Cara Agen CIA Selidiki UFO

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penampakan UFO di Australia. (Istimewa/Facebook)

Fenomena UFO kali ini membahas sepuluh cara yang direkomendasikan Central Intelligence Agency (CIA) dalam menyelidiki UFO.

Solopos.com, SOLO — Begitu banyak benda-benda misterius yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya oleh publik, terlebih lagi benda-benda yang berhubungan dengan alien dan Unidentify Flying Object (UFO).

Advertisement

Namun, Central Intelligence Agency (CIA) pada 21 Januari 2016 memutuskan untuk mengunggah ratusan dokumen-dokumen dan juga foto rahasia yang belum pernah diketahui publik mengenai UFO dalam bentuk PDF. Tentu saja dengan diunggahnya dokumen ini, membuat banyak netizen atau pengakses Internet yang menggemari benda-benda alien atau UFO ramai membicarakannya.

Nyatanya, CIA sudah memiliki dokumen penelitian rahasia UFO sejak akhir tahun 1940-an dan 1950-an. Banyak juga warga yang sempat melihat penampakan UFO atau alien secara tidak langsung, tak segan-segan menuding CIA telah menyembunyikan kebenaran tentang benda misterius ini.

Salah satu file dokumen rahasia X-Files milik CIA berisi tentang salah seorang warga di New Jersey, George Stock, yang tanpa sengaja melihat sebuah pesawat aneh melintas berapa ratus meter dari rumahnya pada 29 Juli 1952 silam.

Advertisement

Tertulis di dokumen tersebut Stock dan temannya langsung berlari mengambil kamera berencana mengambil beberapa foto piringan berwarna metalik yang terbang hanya beberapa ratus meter dari rumahnya.

Meskipun dokumen-dokumen rahasia itu belum berujung pada sebuah kesimpulan akhir tentang adanya UFO di Amerika Serikat atau tidak, namun dokumen CIA tersebut ternyata sudah berisi data penampakan UFO di Inggris, Spanyol, Afrika Utara, bahkan Jerman.

Oktober 2015 silam, para UFO spotter atau warga yang fanatik akan benda-benda misterius UFO dan alien menemukan beberapa foto sisa-sisa patung Buddha yang dihasilkan dari pantauan Rover NASA di Mars.

Advertisement

CIA juga mengunggah sebuah artikel berjudul Bagaimana Menyelidiki Piring Terbang (UFO), lengkap dengan sepuluh tips yang diberikan oleh CIA. Berikut ini sepuluh cara CIA dalam menyelidik UFO sebagaimana dilansir TechTimes, Selasa (9/2/2016).

  1. Dalam melakukan berbagai penelitian, pertama yakini apa yang sedang dikerjakan adalah nyata, benar-benar ada. Selanjutnya, buat beberapa tim yang bertujuan untuk mengumpulkan berbagai informasi bersangkutan.
  2. Tetapkan tujuan utama dari penyelidikan UFO itu. Penyelidikan UFO yang dilakukan CIA ini dianggap sebagai benda misterius yang dapat mengancam pertahanan nasional.
  3. Jalin kerja sama dengan orang-orang yang sudah ahli di berbagai bidang. Contohnya, saat CIA menyelidiki UFO di tahun 1950-an dan 1960-an, pihak CIA selalu berunding bersama orang-orang di luar bidang mereka. Seperti pilot, pihak penerbangan, ahli astrofisika, bahkan CIA bekerja sama dengan Kodak untuk menganalisis hasil foto tentang UFO.
  4. Buat struktur yang baik, agar saat ada kasus baru beredar, kita bisa mendapatkan informasi penting.
  5. Buat peraturan dengan alasan yang jelas dan masuk akal. Aturan-aturan yang jelas dan tepat, bisa membuat penelitian tetap pada garisnya, tetap berjalan sesuai rencana.
  6. Kembangkan pengetahuan tentang pesawat militer atau benda terbang milik militer. Seperti drone, hal ini mencegah peneliti agar tidak terjadi kesalahan dan mengira drone itu adalah UFO.
  7. Selidiki saksi mata dengan bantuan perekam suara, video, dan foto. Hal ini lebih mudah kita dapatkan disbanding pada tahun 1950-an. Dengan bantuan smartphone, kita bisa dengan mudah mengumpulkan data untuk mendukung penelitian tersebut. Apabila menggunakan hasil foto dari penelitian, usahakan hindari penggunaan PhotoShop.
  8. Gunakan logika yang masuk akal dan tidak dibuat-buat. Ketika penelitian dihadapi dengan kasus yang tidak bisa dijelaskan, gunakan hipotesis, atau logika yang berdasarkan segala aspek terkait untuk menghindari dari kesalahan yang fatal. Usahakan selalu membicarakan kasus yang ada dengan para ahli, untuk memperkuat kesimpulan yang dihasilkan.
  9. Kumpulkan dan tes bukti atau petunjuk yang ditemukan. Apabila sedang meneliti area yang diyakini pernah didatangi UFO, kumpulkan bukti nyatanya seperti tanah, bebatuan. Teliti juga hasil yang didapat dengan menganalisa bukti tersebut.
  10. Jangan mudah percaya dengan sumber-sumber yang tidak valid. Setiap individu yang sangat ingin terkenal dengan penemuannya selalu cepat dan mudah percaya dari berbagai sumber. Hal ini yang membuat gagalnya sebuah penelitian. Pelajari tiap hal dan cara yang tepat untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, sabar, dan berpikir logis, itulah beberapa hal yang dapat mendukung setiap penyelidikan UFO. (Ardhon Purtama Putra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif