Jateng
Selasa, 9 Februari 2016 - 20:50 WIB

SWASEMBADA PANGAN : Dua Desa di Kudus Masuk Program Mandiri Pangan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi (JIBI/dok)

Swasembada pangan sudah dilakukan dua desa di Kudus yang masuk dalam program mandiri pangan.

Semarangpos.com, KUDUS – Dua desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yakni Desa Ternadi, Kecamatan Dawe dan Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo menjadi sasaran program desa mandiri pangan.

Advertisement

“Awalnya ada empat desa yang menjadi sasaran program desa mandiri pangan,” kata Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Kudus Edi Supriyanto di Kudus, Selasa (9/2/2016).

Empat desa tersebut, yakni Desa Wonosoco (Kecamatan Undaan), Desa Tanjungrejo (Kecamatan Jekulo), Desa Ternadi (Kecamatan Dawe), dan Desa Kedungsari (Kecamatan Gebog).

Akan tetapi, kata dia, saat ini ada dua desa yang sudah bisa mandiri dalam hal penyediaan pangan, yakni Ternadi dan Tanjungrejo. Desa Ternadi, kata dia, menjadi sasaran program kawasan desa mandiri dimulai sejak 2010, sedangkan Desa Tanjungrejo sejak 2012. Ia mengatakan dua desa lainnya, masih perlu pendampingan hingga benar-benar bisa mandiri pangan.

Advertisement

Desa yang menjadi sasaran program desa mandiri pangan, kata dia, karena selama ini desa tersebut dianggap belum masuk kategori mandiri pangan, sehingga perlu dibantu. Bantuan yang diterima dari pemerintah terhadap desa mandiri, berupa bantuan dana Rp100 juta. Bantuan lainnya, yakni berupa pembinaan, pelatihan, bimbingan konseling, dan pemasaran.

“Desa juga mendapatkan bantuan dari dinas terkait, terutama dalam hal pemasaran produk yang dihasilkan akan dibantu Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus,” ujarnya.

Ia mengatakan bantuan dana akan diberikan kepada kelompok masyarakat yang membentuk kegiatan usaha.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif