News
Selasa, 9 Februari 2016 - 19:30 WIB

HARI PERS NASIONAL : Ini Sejarah Surat Kabar Pertama Milik Pribumi “Medan Prijaji”

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi peringatan Hari Pers Nasional (Twitter.com/@r_pu3)

Hari Pers Nasional diperingati pada 9 Februari, namun masih ada perdebatan mengenai hal itu.

Solopos.com, JAKARTAMedan Prijaji merupakan surat kabar pertama milik pribumi yang terbit di Indonesia. Adalah Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo, sosok sentral yang memelopori kelahiran surat kabar tersebut.

Advertisement

Sebelum Medan Prijaji terbit, sebenarnya sudah banyak surat kabar yang beredar di Indonesia. Hanya saja, surat kabar tersebut milik penjajah Belanda, yang memuat kepentingan kolonial tersebut. Surat kabar kolonial Belanda ini contohnya Kort Beiricht Eropa, Bataviase Koloniale Courant.

Lalu, pada pertengahan Januari 1907, terbit surat kabar mingguan bertajuk Medan Prijaji yang dipimpin Raden Mas Tirto Adhi Soerjo. Medan Prijaji menjadi surat kabar pertama milik pribumi ketika itu dan menggunakan bahasa Melayu.

Advertisement

Lalu, pada pertengahan Januari 1907, terbit surat kabar mingguan bertajuk Medan Prijaji yang dipimpin Raden Mas Tirto Adhi Soerjo. Medan Prijaji menjadi surat kabar pertama milik pribumi ketika itu dan menggunakan bahasa Melayu.

“Saya pikir tidak ada yang lain, selain Medan Prijaji. Itu lah yang benar-benar pribumi yang memiliki modal, menerbitkan koran dengan bahasa melayu. Meskipun pemimpin redaksinya, Tirto bahasa Belanda-nya sempurna, tapi dia menggunakan bahasa melayu sebagai bahasa koran,” kata Mantan Kepala Penelitian Pengembangan (Litbang) Kompas, Daniel Dhakidae, sebagaimana dilansir Okezone, Selasa (9/2/2016).

Sebelum menerbitkan Medan Prijaji, Tirto bersama H.M. Arsad dan Oesman mendirikan dulu badan hukum bernama N.V. Javaansche Boekhandel en Drukkerij en Handel in Schrijfbehoeften. Penerbitan itu sendiri bertujuan untuk memberikan penyuluhan hukum bagi pribumi yang diberlakukan tidak adil oleh Belanda.

Advertisement

Perkembangan pesat Medan Prijaji, lantas membuat Tirto mnegambil keputusan untuk menerbitkannya secara harian. Penerbitan Medan Prijaji secara harian dimulai pada 5 Oktober 1910. Penerbitan secara harian ini ternyata mendapat sambutan baik dari pembacanya ketika itu dan mampu bersaing dengan koran terbitan Belanda.

Kendati mendapat sambutan baik dari masyarakat, eksistansi Medan Prijaji tak bertahan lama. Surat kabar yang mengedepankan kepentingan pribumi itu terakhir dirilis pada 3 Januari 1912. Lalu, pada 23 Agustus 1912, Medan Prijaji ditutup. Menurut Daniel, usia singkat Medan Prijaji lantaran isi surat kabar itu selalu berseberangan dengan pemerintah kolonial di masa penjajahan.

“Karena Tirto ini memang artinya idealismenya ini untuk kemajuan pribumi, dia pembela pribumi dan dengan posisi itu kan dia sering sekali bersinggungan denga pemerintah kolonial Belanda. Jadi penyebab utamanya itu, melawan kebijakan kolonial,” terang Daniel.

Advertisement

Tirto Adhi Soerjo

Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo lahir si Blora, 1880. Menurut Daniel Dhakidae, Tirto adalah sosok yang memiliki perpaduan harmonis dalam menyeimbangkan idealisme.

“Dalam arti itu di dalam diri Tirto memliki perpaduan yang cukup harmonis antara cita-cita surat kabar, idealisme kemakmuran kaum pribum, cita-cita tertinggi koran itu yang bergabung dengan survival dari segi bisnis,” kata Daniel.

Advertisement

Daniel yang merupakan alumnus Cornell University itu bahkan menyebut sosok Tirto istimewa. Ia mengisahkan aksi Tirto menerbitkan Medan Prijaji menjadi momok bagi kolonial Belanda. Pihak penjajah memandang konten Medan Prijaji selalu melawan kebijakan pemerintah kolonial.

Tak berlebihan jika Daniel menilai Tirto sebagai sosok yang istimewa sebagai perintis perjuangan kemerdekaan bangsa Hindia Belanda ketika itu. Pasalnya, sosok Tirto dibukukan dalam novel Tetralogi Buru yang ditulis Pramoedya Ananta Toer. Dalam novel tersebut, Tirto dimunculkan sebagai tokoh Minke.

Dalam rangka mengenang sosok Tirto ini, Daniel berharap bisa membuat Tirto Adhi Soerjo Awards, sebagai bentuk penghargaan bagi insan pers di Indonesia. “Jadi kalau saya punya dana yang tak terbatas, saya akan bikin Tirto Adhi Soerjo Award. Ini lah pendasar sesungguhnya,” tukasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif