News
Selasa, 9 Februari 2016 - 17:00 WIB

CPNS 2016 : Dinilai Menyesatkan Soal CPNS, 17 Situs Ini Dilaporkan ke Bareskrim

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Seleksi CPNS Soloraya di Solo, Kamis (16/10/2014). (JIBI/Solopos/Dok.)

CPNS 2016 diwarnai banyaknya informasi dari situs-situs web yang dinilai menyesatkan. Situs-situs itu dilaporkan Kementerian PAN-RB ke Bareskrim.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melaporkan sejumlah situs web yang menampilkan informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2016 ke Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (9/2/2016). Situs-situs itu dinilai menampilkan informasi menyesatkan.

Advertisement

“Situs-situs itu merugikan kami dan merugikan, serta menyesatkan masyarakat karena melanggar UU tentang ITE dan KUHP,” kata Kepala Biro Hukum dan Komunikasi dan Informasi Publik, Herman Suriayatman, seusai melapor ke Bareskrim.

Herman mengungkapkan situs-situs tersebut berimplikasi pada penipuan penerimaan CPNS di tengah masyarakat. Hingga kini, menurut dia, pihaknya banyak menerima laporan penipuan penerimaan CPNS, di antaranya di Kabupaten Cilacap, Lampung, dan Maluku. “Salah satu pemicunya karena informasi yang tidak benar. Sebab sampai hari ini Kementerian PAN-RB belum menyusun rencana penerimaan CPNS 2016,” katanya.

Untuk menggaet para korban, sambung Herman, portal-portal itu menyampaikan ada kuota tambahan penerimaan CPNS dan tenaga honorer dengan imbalan Rp50 juta, Rp100 juta, hingga Rp150 juta. “Di Jawa Barat terakhir korbannya 1003 dan sudah ditangani Polda Jabar. Kami fokus laporkan 17 website,” katanya.

Advertisement

Herman menambahkan berdasarkan penelusuran Kementerian PAN-RB, situs-situs itu beroperasi sejak 2015. Terkait temuan ini, Kementerian PAN-RB sudah membuat surat kepada pejabat penerima kepegawaian bupati dan wali kota agar jangan terkecoh informasi penerimaan CPNS 2016. Selain itu, laporan ini diharapkan dapat memberikan efek jera bagi para pelaku, di pihak lain untuk mencegah terjadinya berbagai tindak penipuan serta percaloan dalam rekrutmen CPNS.

“Tidak jelas apa yang diinginkan oleh pihak pengelola portal tersebut, tetapi mereka cukup lihai dalam mempermainkan emosi pembaca, sehingga tertarik. Untuk meyakinkan pembaca, mereka mengutip sebagian berita, ada juga yang menampilkan foto Menteri PAN-RB dan cara-cara lain yang cukup menarik.”

Dia memastikan sejak 2014, seleksi CPNS di seluruh Indonesia sudah menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang tidak membuka peluang sekecil apapun bagi intervensi pihak mana pun. Seleksi CPNS juga tidak dipungut biaya.

Advertisement

“Jadi kalau ada pihak-pihak yang mengaku bisa meloloskan seseorang menjadi CPNS, apalagi harus memberikan imbalan sejumlah uang, dipastikan penipuan,” tegasnya.

Berikut 17 situs yang dilaporkan ke Bareskrim:

– www.cpns2016.com
– www.cpns.info
– www.lowongankerja15.com
– cpns.rikowijaya.com
– www.infocpns2016.com
– www.pendaftarancpns.com
– www.regcpns.com
– www.cpns2016.com
– www.cpns2015.com
– pendaftaran-cpns.blogspot.com
– infolowongancpns.com
– www.teskerja.com
– www.posmetro.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif