Teknologi
Selasa, 9 Februari 2016 - 09:00 WIB

APLIKASI OPERA : Update Opera Max Jamin Keamanan Wifi Publik

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Opera Max (Youtube)

Aplikasi Opera Max yang diperbarui menjamin keamanan Wifi publik di keramaian.

Solopos.com, JAKARTA — Opera baru saja merilis pembaruan terkini aplikasi Opera Max, yang dilengkapi dengan teknologi Opera Turbo. Tak hanya itu, semua sambungan data VPN Opera Max beralih menggunakan SPDY dengan tunnel SSL, bukan lagi HTTP 1.1.

Advertisement

Seperti dikutip dari Liputan6.com, Senin (8/2/2016),  teknologi turbo di aplikasi Opera Max adalah cara yang lebih modern untuk membuat proxy data dari browser dan aplikasi, serta untuk menjaga pengguna agar tetap aman di Wifi publik.

Terdapat tiga manfaat dari pembaruan aplikasi Opera Max. Pertama, keamanan pada Wifi publik. Ketika pengguna menjalankan aplikasi apa saja sambil menyalakan Opera Max di Wifi hotspot terbuka di tempat-tempat seperti kedai kopi, pusat perbelanjaan, dan bandara, pengguna tidak perlu khawatir datanya akan terpantau oleh para peretas jahat di sekitar yang mencoba mencuri informasi.

Enkripsi SSL untuk tunnel SPDY memastikan koneksi data antara ponsel milik pengguna dan server penghematan data Opera Max tetap dalam kondisi aman. Karena itu, keamanan data dan informasi pengguna tetap terjaga meski di Wifi terbuka.

Advertisement

Lalu manfaat terakhir dari pembaruan aplikasi Opera Max ketika SPDY diterapkan, pengguna pada dasarnya melakukan upgrade, aplikasi Android di ponselnya terkoneksi ke cloud. SPDY merupakan cabang dari HTTP 2.0 standar yang akan diluncurkan Google dan dikembangkan secara khusus untuk meningkatkan kecepatan koneksi data seluler.

Google mengerahkan SPDY di beberapa aplikasi, terutama dalam fitur oenghemat data Chrome di Chrome untuk Android. SPDY diuji dan diperbaiki secara terbuka oleh lebih dari 100 juta pengguna Android menggunakan fitur Proxy Chrome dengan SPDY.

Seperti dikutip dari Okezone, Senin, hingga saat ini tercatat terdapat 14 perusahaan, termasuk Samsung dan Xiaomi, telah memasukkan aplikasi manajemen data milik Opera, Opera Max, di smartphone mereka.

Advertisement

Dengan terwujudnya lebih banyak kerja sama baru dengan vendor-vendor di Asia seperti Acer, Hisense, dan TWZ, Opera kini menargetkan 100 juta ponsel Android yang akan terintegrasikan dengan aplikasi Opera Max tahun 2017 mendatang.

Aplikasi Opera Max mampu menawarkan penghematan paket data bagi para pengguna ponsel. Aplikasi itu mampu mengurangi konsumsi data lintas berbagai aplikasi di ponsel Android sebanyak 50%.

Para pengguna smartphone yang juga gemar bermain Youtube, Instagram dan Netflix bisa menghemat hingga 60% dari jumlah data yang biasa digunakan untuk aplikasi-aplikasi ini tanpa menemukan penurunan kualitas.

Pertumbuhan adopsi smartphone yang sangat pesat telah melampaui perkembangan infrasturkur jaringan ponsel di banyak pasar besar ponsel seperti Indonesia, Bangladesh, Amerika Latin, dan berbagai penjuru Afrika.

Advertisement
Kata Kunci : Aplikasi Opera Opera Max
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif