News
Senin, 8 Februari 2016 - 07:00 WIB

SERBA LIMA : 5 Bahasa Internasional Ini Penting Dipelajari, Selain Bahasa Inggris

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah awak media melintas di depan layar dengan gambar bendera-bendera negara G-20 di Seoul, Korea Selatan, 2013 lalu. Saat itu, dunia menyambut G-20 Summit di St Petersburg, Rusia, Kamis-Jumat (5-6/9/2013). (JIBI/Solopos/Reuters/Jo Yon-Hak)

Serba lima kali ini membahas lima bahasa internasional yang penting dipelajari, selain bahasa Inggris.

Solopos.com, SOLO — Di era global seperti saat ini, kemampuan berbahasa merupakan suatu hal yang harus dimiliki setiap orang. Dikutip dari K-International, Lingos, dan The Telegraph pada Minggu (7/2/2016) terdapat lima bahasa yang penting untuk dipelajari. Kelima bahasa itu adalah Bahasa Mandarin, Arab, Spanyol, Jerman dan Portugis.

Advertisement

Berikut ulasan mengenai bahasa-bahasa negara lain yang perlu dipelajari agar dapat memenangkan persaingan dalam era globalisasi.

Ilustrasi (istimewa)

Bahasa Mandarin

Advertisement

Bahasa Mandarin

Tiongkok kini berkembang menjadi negara yang berpengaruh banyak dalam perekonomian dunia. Untuk itu, bahasa Mandarin sebagai bahasa resmi masyarakat Tionghoa menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari.

Bahasa Mandarin telah digunakan lebih dari 955 juta warga dunia. Dikutip dari The Telegraph, pada 2006, Brighton College Inggris mewajibkan seluruh siswanya untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Mandarin. Selain itu, diperkirakan peluang kerja bagi mereka yang berbahasa Mandarin akan semakin banyak menyusul keberhasilan Tiongkok menggeser Amerika Serikat dalam hal gross domestic product.

Advertisement

Namun, bahasa Mandarin digolongkan sebagai bahasa yang cukup sulit untuk dipelajari. Butuh sekitar 2.200 jam pelajaran bagi selain penutur asli untuk mempelajari bahasa tersebut.

Bahasa Arab

Bahasa Arab

Advertisement

Bahasa Arab berada di urutan keempat sebagai bahasa yang paling sering digunakan warga dunia. Terhitung setidaknya 293 juta orang di dunia menggunakan bahasa ini sebagai sarana komunikasi.

Selain itu, negara-negara Timur Tengah merupakan negara yang sedang berkembang secara signifikan dalam bidang ekonomi. Jadi, kesempatan semakin terbuka jika Anda ingin melakukan bisnis atau pekerjaan di negara-negara tersebut. Tentunya, kemampuan berbahasa Arab adalah hal yang wajib dipenuhi.

Seperti halnya bahasa Mandarin, bahasa Arab juga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi untuk dipelajari. Maklum, keduanya menggunakan aksara selain huruf latin. Setidaknya, butuh waktu 88 pekan untuk menjadi ahli dalam bahasa ini.

Bahasa Spanyol

Advertisement

Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol berada pada urutan kedua yang paling sering digunakan di dunia. Berada tepat di bawah bahasa Mandarin, bahasa Spanyol digunakan oleh 405 juta orang.

Selain di Spanyol, bahasa ini merupakan bahasa yang umum digunakan di Amerika Selatan. Jadi, ada baiknya jika Anda menguasai bahasa ini terlebih dahulu sebelum menjelajah negara-negara di wilayah Amerika Selatan. Bahasa Spanyol digolongkan sebagai bahasa yang mudah untuk dipelajari.

Bahasa Jerman

Advertisement

Bahasa Jerman

Jerman merupakan salah satu negara yang memiliki pendapatan per kapita tinggi sehingga menjadi salah satu tujun para pencari kerja dari seluruh dunia. Untuk itu, menguasai bahasa Jerman adalah hal yang penting dilakukan.

Bahasa Jerman digunakan oleh 89 hingga 110 juta orang. Sebagian besar masyarakat Eropa juga mempelajari bahasa ini selain bahasa ibu mereka masing-masing. Apalagi, bahasa Jerman digolongkan sebagi bahasa yang cukup mudah untuk dipelajari. Berdasarkan US Foreign Service Institute, dibutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk mempelajari bahasa tersebut.

Bahasa Portugis

Bahasa Portugis

Bahasa Portugis digunakan oleh sekitar 215 juta orang di Portugal dan Brasil. Brasil merupakan salah satu negara dengan GDP terbesar di dunia (anggota G20) dan menjadi salah satu pasar yang besar. Untuk itu, jika ingin berbisnis dengan orang Brasil, ada baiknya jika Anda mempelajari Bahasa Portugis hingga mahir.

Bahasa Portugis merupakan bahasa yang mudah untuk dipelajari. Diperkirakan, hanya dibutuhkan 600 jam pelajaran untuk dapat mahir Bahasa Portugis. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif