Jateng
Senin, 8 Februari 2016 - 08:50 WIB

LONGSOR PURWOREJO : Semua Korban Longsor Purworejo Ditemukan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Solopos/Antara)

Longsor Purworejo menelan korban tewas tujuh orang.

Semarangpos.com, PURWOREJO-Purworejo, Antara Jateng – Tim SAR gabungan berhasil menemukan semua korban tertimbun tanah longsor sebanyak tujuh orang di Dusun Suwinong, Desa Penungkulan, Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada pencarian hari kedua, Minggu (7/2/2016).

Advertisement

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purworejo, Budi Harjono di Purworejo mengatakan ketujuh korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, yakni Amat Saringat, Fitri, Sumini, Rahman dan Suprapti ditemukan pada Sabtu (6/2)
Sedangkan dua korban lain, yakni Salimah dan Triyanto ditemukan pada pencarian hari kedua.

“Kedua korban ditemukan sekitar pukul 15.30 WIB dan 15.45 WIB setelah pencarian korban dilakukan menggunakan alat berat,” katanya.

Ia mengatakan setelah semua korban longsor ditemuan, sementara tim SAR ditarik dan besuk dilanjutkan dengan perbaikan atau mengembalikan fungsi jalan desa yang tertimbun longsor.

Advertisement

“Tahapan selanjutnya adalah mengembalikan fungsi jalan desa dan pemulihan lingkungan,” katanya.

Ia mengatakan kejadian longsor di Penungkulan menjadi catatan penting semua pihak, terutama masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor.

“Mereka yang tinggal di daerah rawan longsor harus meningkatkan kewaspadaan, jika terjadi hujan terus-menerus antara dua hingga tiga jam harus berhati-hati dan jika perlu mencari tempat yang lebih aman,” katanya.

Advertisement

Seperti diketaui, hujan deras yang mengguyur Kabupaten Purworejo pada Jumat (5/2/2016) siang hingga malam hari mengakibatkan bencana longsor yang menimbun dua rumah milik Amat Saringat dan Rahman di Dusun Suwinong, Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Purworejo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif