Jateng
Senin, 8 Februari 2016 - 13:50 WIB

IMLEK 2016 : Puncak Perayaan Imlek, Pengunjung Kelenteng Sam Poo Kong Membeludak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para wisatawan membanjiri obyek wisata Klenteng Sam Poo Kong di Kota Semarang, Senin (8/2/2016). (JIBI/Imam Yuda/Semarangpos.com)

Imlek 2016 dirayakan sangat meriah di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Puncak Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada Senin (8/2/2016) yang digelar di Kelenteng Sam Poo Kong Semarang disambut antusias warga. Tak hanya warga yang merayakan, perayaan Imlek di Kelenteng tersebut juga dihadiri para wisatawan.

Advertisement

Kelenteng yang terletak di Jalan Simongan itu setiap perayaan Tahun Baru Imlek memang selalu dipenuhi pengunjung. Begitu juga dengan Imlek tahun ini.

Puluhan ribu pengunjung dari berbagai kota di Jawa, seperti Jakarta, Bandung, dan Jogja berbondong-bondong ke kelenteng yang juga menjadi petilasan Laksamana Ceng Hoo itu.

Membelundaknya pengunjung ini bahkan sudah terlihat dari luar lokasi. Arus lalu lintas dari luar kota yang menuju ke Sam Poo Kong terlihat padat merayap baik dari arah Jalan Kali Garang maupun Jalan Pamularsih.

Advertisement

Petugas Humas Kelenteng Sam Poo Kong, Eni Sujono, mengaku meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan saat libur Imlek memang acap terjadi setiap tahun. Bahkan jumlah kunjungan wisatawan kali ini meningkat lebih dari 10 kali lipat daripada saat libur biasa.

“Hingga siang ini [Senin], jumlah pengunjung dari data tiket yang terbeli mencapai belasan ribu. Kemungkinan jumlah ini akan bertambah karena tempat ini masih dibuka hingga sore nanti,” ujar Eni Sujono, saat dijumpai Semarangpos.com, Senin.

Eni mengaku ada beberapa event yang disajikan pihak pengelola untuk menarik wisatawan, mulai dari pertunjukan Barongsay Naga, Reog Ponorogo, Kuda Lumping hingga pertunjukkan seni lainnya.

Advertisement

Salah satu pengunjung, Samuel, 21, asal Bandung mengaku sudah sejak lama memang berniat datang ke Sam Poo Kong. Namun, baru kali ini keinginannya itu bisa terlaksana.

“Memang sengaja liburan kali ini mau datang ke Sam Poo Kong. Soalnya selain memiliki sisi historis yang tinggi, [Kelenteng Sam Poo Kong] juga menyajikan banyak pertunjukkan khas Tiongkok,” tutur Samuel.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif