Soloraya
Senin, 8 Februari 2016 - 13:40 WIB

BANJIR SRAGEN : Banjir Bandang Sapu Jenar, Begini Kondisinya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua RT 012, Dusun Dukuh, Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Sragen, membersihkan tumpukan lumpur akibat banjir bandang di rumah Sudar, 45, warga setempat, Senin (8/2/2016). (Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos)

Banjir Sragen terajdi di Kecamatan Jenar yang berdampak pada 21 KK.

Solopos.com, SRAGEN – Banjir bandang menyapu puluhan rumah warga di Dusun Dukuh, Desa Jenar, Kecamatan Jenar, Sragen, Minggu (7/2/2016). Bencana itu terjadi pukul sekitar pukul 16.30 WIB hingga 19.30 WIB.

Advertisement

Wartawan Solopos, Moh. Khodiq Duhri, melaporkan arus banjir berasal dari luapan Kali Kedunggede yang membelok ke pekarangan dan permukiman warga di 4 Rukun Tetangga (RT) di Dukuh, yakni RT 012 (10 rumah), RT 011 (3 rumah), RT 013 (6 rumah), dan RT 014 (2 rumah).

“Arusnya sangat cepat,” kata Ketua RT 012 Dusun Dukuh, Supardi, saat dijumpai Solopos di lokasi, Senin (8/2/2016). Ia mengatakan banjir bandang itu kali pertama terjadi setelah banjir terakhir menerjang dusunnya sekitar lima tahun lalu.

Ia mengatakan air menerjang rumah warga yang berada di selatan, utara, dan timur sungai Kedunggede.

Advertisement

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen, Heru Wahyudi, menyatakan 2 rumah rusak parah di bagian dapur yakni milik Warsi dan Harni di RT 011 dan RT 012. “Dinding yang terbuat dari papan kayu terpaksa dijebol agar air bisa mengalir. Jika tidak, kerusakannnya bisa lebih parah,” kata dia.

Menurut Heru, banjir bandang dipicu sampah yang menumpuk di jembatan betari di Kali Kedunggede. Akibatnya air sungai tak bisa lewat dengan lancar dan membelok hingga menerjang permukiman warga. Dia mengatakan total ada 21 KK terdampak banjir tersebut.

Pada Senin, BPBD menyerahkan bantuan Sembako kepada warga terdampak banjir bandang tersebut. Sementara, warga setempat tampak bergotong royong membersihkan lumpur yang menumpuk di rumah warga.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif