Lifestyle
Minggu, 7 Februari 2016 - 13:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Cokelat Bisa Sembuhkan Batuk, Begini Penjelasannya

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Berbagai Macam Cokelat (Rsudwaled.cirebonkab.go.id)

Tips kesehatan kali ini mengulas tentang manfaat cokelat untuk obat batuk.

Solopos.com, SOLO — Saat sedang terserang batuk, seseorang akan merasa sangat tidak nyaman. Hal yang biasanya dilakukan adalah meredakan sakit tersebut dengan obat herbal, seperti seduhan jahe atau kencur. Tapi ternyata, ada bahan makanan lain yang bisa untuk obat batuk, yaitu cokelat.

Advertisement

Seperti yang dikutip Solopos.com dari Purewow, Sabtu (06/02/2016), Alyn Morice membenarkan jika cokelat dapat meredakan batuk yang menggigil. Profesor yang juga menjabat sebagai Kepala Jurusan Kesehatan Jantung dan Pernapasan University of Hull Inggris ini juga mengatakan, khasiat cokelat dalam menyembuhkan batuk, bahkan melebihi obat batuk yang dijual secara luas.

Sebuah studi yang meneliti kaitan cokelat dengan batuk juga dilakukan baru-baru ini. Penelitian tersebut dilakukan terhadap beberapa pasien yang sedang menderita batuk. Mereka diberi satu jenis obat yang memiliki sedikit kandungan cokelat. Hasilnya, obat mengandung cokelat tersebut dapat menyembuhkan batuk lebih cepat dibanding obat batuk sirup.

Studi tentang hal ini juga pernah dilakukan di Imperial College of London, Inggris. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa cokelat mengandung senyawa alkaloid yang tinggi. Alkaloid merupakan senyawa yang bermanfaat untuk mengurangi batuk.

Advertisement

Keterkaitan antara batuk dan cokelat memang logis. Cokelat memiliki tekstur yang lebih lengket dibanding obat batuk biasa. Hal ini bermanfaat untuk melapisi tenggorokan dan melindungi ujung syaraf. Sebagai informasi, ujung saraf merupakan bagian sensitif yang dapat memicu terjadinya batuk. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif