Jateng
Minggu, 7 Februari 2016 - 17:21 WIB

PERUMAHAN PEKERJA : Asyik, Rusunawa Ungaran Sudah Diresmikan dan Siap Ditempati

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono (kanan), bersama Menteri BUMN, Rini Soemarno, tengah meninjau Rusunawa Pekerja di Desa Gedang Anak, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Minggu (7/2/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Perumahan pekerja di Ungaran yang dibangun dalam bentuk rumah susun telah diresmikan oleh Menteri BUMN dan Menteri PU PR

Semarangpos.com, UNGARAN – Rumah susun sederhana sewa atau Rusunawa bagi pekerja di Kabupaten Semarang telah diresmikan Minggu (7/2/2016) siang. Rusunawa Pekerja yang terletak di Desa Gedung Anak, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), itu pun siap ditempati oleh ribuan pekerja berpenghasilan rendah.

Advertisement

Peresmian Rusunawa Ungaran ini dilakukan langsung oleh Menteri BUMN, Rini Soemarno, dan juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Seusai meresmikan, Basuki pun mengaku puas dengan pembangunan Rusunawa Pekerja itu. Ia menilai kualitas maupun fasilitas rusunawa itu sangat bagus.

“Kualitas bangunannya sangat bagus. Begitu pula dengan fasilitasnya. Kebetulan selain untuk MBR [Masyarakat Berpenghasilan Rendah], kami juga ditugasi untuk membangun hunian TNI-Polri. Semoga ini bisa dicontoh. Kebetulan model bangunannya juga sama,” ujar Basuki kepada para wartawan seusai meninjau Rusunawa Pekerja di Kabupaten Semarang itu.

Advertisement

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono (kanan), bersama Menteri BUMN, Rini Soemarno, tengah meninjau Rusunawa Pekerja di Desa Gedang Anak, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Minggu (7/2/2016). (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Penilaian Basuki memang tidak salah. Rusunawa Pekerja di Ungaran Timur itu terdiri dari dua tower yang mampu menampung sekitar 472 warga. Tower I terdiri dari 104 unit dengan luas masing-masing 24 meter persegi yang diperuntukan bagi para buruh bujangan. Sementara Tower II terdiri dari 66 unit dengan luas tiap unitnya sekitar 36m2 dan diperuntukan bagi buruh yang sudah berkeluarga.

Selain mampu menampung sekitar 472 warga, Rusunawa Ungaran itu juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti ruang pertemuan, ruang bermain, kantor pengelola hingga ruang internet.

Advertisement

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dalam sambutannya memaparkan ada empat hal yang selalu diminta buruh ke pemerintah. Keempat hal itu antara lain, upah layak, pelayanan kesehatan, perumahan dan transportasi.

“Dua item terakhir [perumahan dan transportasi] diwujudkan hari ini. Perumahan dalam bentuk rusunawa sudah dibangun dan dalam waktu dekat akan dilengkapi dengan transportasi aglomerasi. Semoga para buruh bisa menggunakannya,” tutur Ganjar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif