Teknologi
Minggu, 7 Februari 2016 - 05:15 WIB

OS TERBARU : Pangsa Pasar Android Marshmallow Hanya 1,2%

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Distribusi Marshmallow (Ubergizmo)

OS terbaru Android 6.0 Marshmallow mencapai 1,2% setelah empat bulan peluncuran.

Solopos.com, SOLO — Setelah empat bulan peluncuran, operating system (OS) terbaru Android Marshmallow memiliki pangsa pasar 1,2%. Marshmallow merupakan sistem operasi besutan Google.

Advertisement

Seperti dilansir Ubergizmo, Rabu (3/2/2016), pencapaian OS terbaru Android Marshmallow yang memiliki pangsa pasar 1,2% jelas tidak menguntungkan. Tapi pengguna OS Marshmallow diprediksi meningkat tahun ini.

Pengguna OS terbaru Android 6.0 Marshmallow meningkat karena beberapa vendor seperti Xiaomi, Huawei dan Samsung siap menyebarkan update sistem operasi tersebut di berbagai perangkat mereka.

Sementara itu, OS Lollipop memimpin pangsa pasar sebesar 34,1%. Sebelumnya pangsa pasar OS Lollipo hanya 32,6% dan 29,5% akhir tahun lalu.

Advertisement

OS Android Lollipop semakin mendekati KitKat yang memiliki pangsa pasar 35,5%. Sedangkan sistem operasi lain seperti Android Jelly Bean mendapatkan pangsa pasar 23,9%, Ice Cream Sandwich 2,5%, Gingerbread 2,7% dan Froyo 0,1%.

OS terbaru Android Marshmallow memiliki fitur baru yang lebih baik dibanding generasi Lollipop. Di bagian pengaturan, penggunan bisa menggunakan fitur Android security patch level untuk memperkuat keamanan ponsel.

Fitur Android security patch level bisa berfungsi dengan baik apabila perusahaan pembuat smartphone juga ikut mendukung, Namun, fitur tersebut sepertiya tak bisa digunakan di dua Nexus terbaru.

Advertisement

OS terbaru Android Marshmallow dibekali dengan fitur akses cepat ke menu dengan menggunakan suara. Untuk menggunakan fitur itu, sentuh layar smartphone dari bawah ke arah kiri atas. Anda bisa mencobanya saat sudah terbiasa.

OS terbaru Android Marshmallow memang dibekali fitur unik sehingga membuat baterai smartphone atau tablet yang menggunakannya tidak cepat habis.

Hal itu karena Android terbaru itu mampu menghentikan proses aplikasi saat pengguna tidak memerlukannya. Saat menggunaan OS terbaru Marshmallow, baterai smartphone Nexus 5 dan Nexus 6 akan lebih hemat 30% dari biasanya.

OS terbaru Android Marshmallow juga sangat dinamis dan fleksibel karena bisa mengatur penempatan aplikasi sesuai dengan kehendak pengguna.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif