Sport
Minggu, 7 Februari 2016 - 20:30 WIB

KABAR PEMBALAP : Manor Tunda Pengumuman, Rio Masih Punya Peluang

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rio Haryanto, pembalap Indonesia yang akan berlaga di Foemula 1 (JIBI/Solopos/Dok)

Kabar pembalap Rio Haryanto yang masih memiliki peluang untuk berlaga di F1.

Solopos.com, JAKARTA – Masih ada asa bagi Rio Haryanto untuk mewujudkan mimpi tampil di balapan Formula One (F1) musim ini menyusul penundaan pengumuman nama pembalap dari tim Manor Racing hingga pekan depan.

Advertisement

Sedianya, tim asal Inggris itu akan mengumumkan nama pembalap yang akan mereka turunkan di F1 2016 pada Jumat (5/2/2016). Namun, Rio belum juga mendapatkan kabar dari Manor hingga Sabtu (6/2/2016).

“Hingga saat ini masih belum ada kabar dari mereka. Masih under negotiation. Kata mereka [Manor] masih menunggu sampai akhir pekan depan,” ucap ibu Rio, Indah Pennywati, seperti dilansir Liputan6.com, Sabtu (6/2/2016).

Manor kemungkinan masih memberi kesempatan kepada Rio untuk memenuhi syarat pembayaran uang muka senilai 3 juta euro (Rp45,5 miliar). Mereka menunda pengumuman nama pembalap hingga Jumat (12/2/2016) karena masih memiliki waktu sebelum memulai latihan pada 22 Februari 2016 nanti.

Advertisement

Sebenarnya, Rio telah mengantongi dana 5,2 juta euro (Rp79 miliar) dari dukungan Pertamina dan bantuan Rp100 miliar dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Namun, hingga akhir pekan ini, dana bantuan tersebut belum bisa dicairkan karena terhambat proses birokrasi. Alhasil, pembalap asal Solo itu tidak bisa melunasi pembayaran uang muka hingga tenggat terakhir yang diberikan Manor, Jumat kemarin.

Kendati masih ada secercah harapan dari Manor, Indah tidak terlalu yakin Rio bisa tampil di F1 musim ini. Sebab, pencairan dana bantuan dari Kemenpora melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) belum mendapatkan persetujuan dari DPR.

“Saya tidak berani bilang masih ada peluang. Mungkin Manor masih menimbang-nimbang memakai Rio atau pembalap lain. Semoga saja Rio Haryanto bisa bergabung,” ujar Indah.

Advertisement

Manajer Rio, Piers, telah bertemu Manor di Inggris untuk bernegosiasi soal pembayaran uang muka. “Manor mungkin tidak mengerti di Indonesia seperti apa. Waktu itu kan Manor minta down payment, tapi kami kan belum bisa memberikan. Nah, Piers menjelaskan kepada mereka, kalau dengan waktu yang secepat kemarin, mungkin kami belum bisa berikan karena anggaran belum turun. Jadi, Piers minta dipertimbangkan. Kalau Rio jadi, pasti akan ada pembayaran itu,” tutur Indah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif