Jateng
Minggu, 7 Februari 2016 - 14:50 WIB

BISNIS BUNGA : Hari Valentine dan Pelantikan Kepala Daerah Menjadi Berkah Pedagang Bunga

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Bisnis bunga potong di Semarang mendapat berkah seiring dengan momen Valentine dan pelantikan kepala daerah.

Semarang.com, SEMARANG – Momentum Hari Valentine yang dirayakan sebagian masyarakat setiap 14 Februari menjadi berkah bagi pedagang bunga di Kota Semarang Jawa Tengah.

Advertisement

Apalagi, selang satu hari di Kota Semarang bakal terlaksana agenda besar pelantikan 21 kepala daerah se-Jateng.

Pemilik Manggar Florist Sri Ningsih mengatakan pada momentum tertentu memang ada kenaikan harga. Namun demikian, katanya, tidak menyurutkan para konsumen untuk berbelanja.

“Pada hari biasa harga mawar per tangkai Rp5.000. Pada saat Valentine bisa jadi Rp10.000 karena harga belinya juga naik. Untuk bunga mawar kami stok dari Malang langsung karena kualitasnya lebih baik warna cerah dan tidak mudah rontok,” ujarnya, Jumat (5/2/2015).

Advertisement

Pedagang yang telah menekuni bisnis bunga sejak 30 tahun lalu itu mengatakan, biasanya pembeli rata-rata berasal dari kalangan anak muda dan dewasa. Kebanyakan membeli dalam bentuk rangkaian beberapa bunga.

“Pada Hari Valentine bisa menjual sekitar ya 500 tangkai bunga mawar. Beberapa sudah kami siapkan dalam bentuk rangkaian agar pembeli tinggal memilihnya,” imbuhnya.

Widodo,54, pedagang lainnya mengatakan, selain senang menyambut momen Valentine, pelantikan wali kota/bupati nanti juga bisa menjadi berkah tersendiri. Pasalnya, karangan bunga papan biasanya juga banyak diminati pada saat merayakan acara besar seperti itu.

Advertisement

“Kalau papan karangan bunga kami jual dengan harga Rp350.000- Rp 1,5 juta. Tergantung selera dan bugdet pembeli,”tutur pemilik akun twitter @pusatfloristsmg.

Dirinya juga memanfaatkan media online seperti blackberry mesengger, whatsup, dan twitter untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup saat ini. Sehingga pelanggan tidak perlu jauh-jauh datang ke tokonya yang terletak di Jl Dr. Sutomo nomor 22 Semarang.

Afri Rismoko pedagang lainnya berujar, saat ini dirinya tengah menyiapkan pre order papan bunga untuk pelantikan karangan bunga wali kota dan wakil wali kota Semarang. Hal itu untuk mengantisipasi pemesanan mendadak yang membeludak sebelum hari H.

“Kami siapkan pre order dulu agar tidak kelabakan ketika hari H yang biasanya pemesanan membeludak. Untuk pre order ini kami memberikan diskon sebesar 10% Harganya tetap bersaing,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif