Teknologi
Minggu, 7 Februari 2016 - 04:00 WIB

AKSES INTERNET : Kecepatan 4G LTE Ericsson Tembus 1 Gbps

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perbedaan kecepatan 3G, 4G, 5 G (Cnet)

Akses Internet cepat 4G LTE Ericcson mencapai 1 Gbps atau 1.000 Mbps.

Solopos.com, SOLO — Vendor telekomunikasi Ericsson mengklaim telah menemukan terobosan untuk melipatgandakan kecepatan jaringan akses Internet 4G long term evolution (LTE). Perusahaan asal Swedia itu memiliki software untuk upgrade jaringan 4G LTE komersial sehingga jauh lebih cepat.

Advertisement

Solusi akses Intenret 4GLTE otu akan dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 bulan ini di Barcelona, Spanyol. Solusi bernama Gigabit LTE itu katanya mendukung kecepatan download hingga 1 Gbps.

Ia bekerja dalam tiga komponen Carrier Aggregation yang support up to kombinasi bandwidth 60 MHz Teknologi 4G LTE baru dari Ericsson ini sepertinya disambut baik oleh sebagian operator.

Advertisement

Ia bekerja dalam tiga komponen Carrier Aggregation yang support up to kombinasi bandwidth 60 MHz Teknologi 4G LTE baru dari Ericsson ini sepertinya disambut baik oleh sebagian operator.

“Kami gembira bermitra dengan Ericsson untuk mendemonstrasikan kapabilitas end to end 1 Gbit/s pertama di jaringan Tesla,” kata Director Tesla di Australia, Mike Wright, dikutip dari Telecomtv, Sabtu (6/2/2016).

“Inovasi terbaru LTE dari Ericsson ini akan memungkinkan kami meningkatkan user experience di bermacam aplikasi dan media streaming,” tambahnya.

Advertisement

Jaringan akses Internet 4G LTE memang masih jadi garapan seksi bagi produsen infrastruktur telekomunikasi seperti Ericsson dan kecepatannya terus ditingkatkan. Apalagi jaringan 5G paling cepat diperkirakan baru akan diimplementasikan tahun 2020.

Selain Ericsson, Huawei juga mengembangkan teknologi serupa di jaringan 4G LTE. Perusahaan asal Tiongkok tersebut menjanjikan jaringan 4,5 G LTE mereka yang lebih cepat akan menjadi terobosan tahun ini.

Sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara, untuk menyambut akses Internet 5G, teknologi terbaru Ericsson Radio Dot System dihadirkan. Menurut VP Marketing and Communications Ericsson Indonesia, Hardyana Syntawati, teknologi Ericsson Radio Dot System memberikan akses dalam ruangan untuk mobile broadband, layanan suara dan mobilitas.

Advertisement

“Akses dalam ruangan semakin penting karena orang banyak memakai perangkat dan berkegiatan di dalam ruangan, sementara di dalam ruangan itu merupakan tantangan bagi para operator,” kata Hardyana Syintawati.

Teknologi terbaru Ericsson Radio Dot System berukuran cukup mungil untuk muat dalam genggaman, berbentuk disk seberat 300 gram. Lebih lanjut, VP Network CU Indonesia dan Timor Leste, Ronni Nurmal, menjelaskan teknologi terbaru Radio Dot System mampu meningkatkan cakupan data dan kapasitas hingga 50%.

“Dari biaya yang pasti ini kami desain seefisien mungkin, misal power line, kami ambil power over existing line saja. Secara TCO, bisa menjangkau area yang lebih luas. Overall, TCO-nya lebih bagus dari yang sudah ada,” kata dia.

Advertisement

TCO adalah Total Cost of Ownership bagi operator ketika mereka mengimplementasi solusi baru ini. TCO kombinasi antara Capex dan Opex.

Untuk jangkauan yang lebih luas, Ronni menjelaskan 10-15 teknologi terbaru Radio Dot System mampu menjangkau satu lantai mall yang berukuran besar seperti Plaza Senayan dan Gandaria City.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif