Teknologi
Sabtu, 6 Februari 2016 - 15:30 WIB

SEJARAH FEBRUARI : Inilah Alasan Februari Jadi Bulan Terpendek

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Februari (Istimewa/Okezone)

Sejarah Februari sebagai bulan dengan junlah hari paling sedikit mulai terkuak.

Solopos.com, SOLO — Februari tak hanya dikenal sebagai bulan cinta, namun ia juga diingat karena jumlah hari yang lebih pendek dari bulan lainnya. Tahukah Anda mengapa bulan tersebut hanya memiliki 28-29 hari?

Advertisement

Sebagaimana dikutip dari Mental Floss, Sabtu (6/2/2016), rupanya berbagai mitos beredar mengenai jumlah hari di Februari. Beberapa orang percaya Februari berjumlah 29 hari karena Augustus Caesar mencuri satu harinya untuk Agustus.

Namun pada mulanya, Februari memiliki 28 hari karena orang Romania menggunakan kalender Romulus pada abad ke-8 sebelum masehi (SM). Kalender itu terdiri dari sepuluh bulan yang dimulai pada Maret hingga Desember sehingga Januari dan Februari tidak termasuk.

Dari Maret hingga Oktober, hari dalam sebulan berselang-seling dari 31 dan 30 hari, sementara November dan Desember sama-sama berisi 30 hari. Dengan begitu, satu tahun hanya berisi 304 hari. Saat itu, musim dingin belum memiliki nama dan belum diperhatikan.

Advertisement

Raja Numa Pompilius berpikir meninggalkan 61 hari dalam kalender bukanlah hal yang tepat. Pada 713 SM, dia membuat kalender baru dengan 12 bulan bergantung pada rotasi Bulan, dengan begitu ada 355 hari dalam selama setahun. Ia juga sekaligus memperkenalkan Januari dan Februari. Namun kala itu, Februari adalah bulan terakhir dalam kalender tahun, bukannya Desember.

Keanehan sistem kalender Roma kuno masih ditambah dengan kepercayaan mengenai angka yang membuat setiap bulan memiliki jumlah hari ganjil. Orang Roma percaya angka genap membawa ketidakberuntungan sehingga Maret berisi 31 hari, April 29 hari, dan hanya Februari sebagai bulan terakhir yang memiliki 28 hari sehingga satu tahun genap 355 hari.

Sistem ini akhirnya membawa masalah. Setelah beberapa tahun berjalan, bulan dan musim menjadi tidak sinkron sehingga terkadang, orang Roma menambah satu bulan berisi 27 hari yang disebut bulan Mercedonius. Mereka akan menghapus beberapa hari di Februari dan memulai Marcedonius pada 24 Februari.

Advertisement

Kalender ini membuat semakin banyak orang bingung karena Marcedonius sangat tidak konsisten, terutama karena datangnya ditentukan para pendeta. Para pendeta sempat disebut menyalahgunakan kewenangan mereka untuk keuntungan kawan dan merugikan rival.

Pada masa Julius Caesar, orang-orang sudah tak tahu lagi mereka berada pada waktu apa. Caesar kemudian menata kembali Kalender. Roma perlu 445 hari untuk menuju tahun 46 SM.

Caesar menyelaraskan kalender dengan Matahari dan menambahkan beberapa hari sehingga semuanya genap 365 hari. Februari, yang sekarang berada di awal tahun sayangnya tetap bertahan dengan 28 hari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif