Jateng
Sabtu, 6 Februari 2016 - 14:50 WIB

LONGSOR BANYUMAS : Enam Rumah Tertimpa Longsor di Banyumas

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Longsor Banyumas menimpa sedikitnya enam rumah di kabupaten tersebut.

Semarangpos,com, PURWOKERTO-Sedikitnya enam rumah di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dilaporkan tertimpa tanah longsor.

Advertisement

“Tanah longsor yang terjadi pada Jumat (5/2/2016) malam setelah hujan lebat mengguyur wilayah Banyumas sejak siang hari itu, menimpa dua rumah di Desa Karangendep, Kecamatan Patikraja, dua rumah di Desa Karangtalun Kidul, Kecamatan Karangjati, satu rumah di Desa Samudra Kulon, Kecamatan Gumelar, dan satu rumah di Kelurahan Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas, Prasetyo Budi Widodo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (6/2/2016).

Kendati terjadi pada malam hari, dia mengatakan bahwa bencana tanah longsor itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Dia mengatakan rata-rata material longsoran menimpa bagian belakang rumah atau dapur karena jaraknya cukup dekat dengan tebing.

Advertisement

“Kami sebenarnya sering mengimbau warga agar jangan membangun rumah terlalu mepet dengan tebing karena sangat berisiko,” katanya.

Pihaknya bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas dan elemen masyarakat lainnya telah mengecek lokasi serta bekerja bakti menyingkirkan material longsoran yang menimpa rumah warga.

Koordinator Tagana Banyumas Heriana Ady Candra mengatakan bahwa tanah longsor di Desa Karangendep menimpa rumah Sigit, warga RT003/RW001, dan Sunar, warga RT05/RW01, sedangkan di Desa Samudra Kulon menimpa rumah Sukirno, warga Grumbul Sawangan RT004/RW004.

Advertisement

“Tanah longsor juga menimpa rumah Pak Nadir dan Pak Ratim, warga Grumbul Mertinggi RT003/RW007, Desa Karangtalun Kidul. Rumah Pak Nadir direlokasi ke tempat yang aman,” katanya.

Dia mengatakan tanah longsor di Kelurahan Karangklesem RT002/RW008 menimpa bagian dapur rumah Kusnadi dengan tinggi material longsoran mencapai lima meter dan panjang empat meter.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif