News
Sabtu, 6 Februari 2016 - 18:15 WIB

BURSA MOTOR : Harley Davidson Indonesia Dikabarkan Tutup, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Harley Davidson. (Harley-davidson.com)

Bursa motor Indonesia akan ditinggalkan Harley Davidson.

Solopos.com, JAKARTA – Distributor resmi Harley Davidson di Indonesia, PT Mabua Motor Indonesia (MMI), dikabarkan tutup. Penjualan yang babak belur selama tiga tahun terakhir disebut-sebut menjadi penyebabnya.

Advertisement

Melalui surat yang mengatasnamakan Presiden Direktur Mabua Harley Davidson (MHD), Djonnie Rahmat, diketahui bahwa perusahaan yang berdiri sejak 1997 itu resmi menghentikan keagenan dan penjualan Harley Davidson di bursa motor Indonesia per 31 Desember 2015.

“Dengan berat hati bersama ini diberitahukan bahwa PT Mabua Harley Davidson dan PT Mabua Motor Indonesia tidak memperpanjang keagenan Harley Davidson di Indonesia, terhitung mulai tanggal 31 Desember 2015,” demikian petikan isi surat Djonnie sebagaimana dilansir laman Liputan6, Jumat (5/2/2016).

Ia juga menyebut MMI tutup lantaran pajak barang mewah di Indonesia terlalu mahal. Alhasil, konsumen harus menebus motor gede (moge) yang diimpor dari Amerika Serikat itu dengan biaya hampir tiga kali lipat dari harga aslinya.

Advertisement

“Total keseluruhan pajak untuk importasi motor besar mencapai hampir 300 persen, itu tidak termasuk bea balik nama dll-nya. Faktor-faktor tersebut telah mengakibatkan kelesuan pasar serta penurunan minat beli,” imbuh Djonnie.

Sebenarnya pihak MMI sendiri belum mengumumkan secara resmi terkait status tutupnya dan dihentikannya seluruh penjualan Harley Davidson. Surat tersebut merupakan “bocoran” yang diungkap oleh sumber anonim dari internal MMI.

Ketika dikonfirmasi pun pihak MMI enggan memberikan komentar. Akan tetapi sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone, manajemen MMI mengatakan akan mengumumkan keputusan finalnya di bursa motor Indonesia Rabu (10/2) mendatang.

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif