Teknologi
Sabtu, 6 Februari 2016 - 03:00 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : Begini Cara Kurangi Konsumsi Data Whatsapp

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Whatsapp (Ubergizmo)

Aplikasi smartphone Whatsapp banyak menghabiskan kuota data Internet. Lalu bagaimana cara menguranginya?

Solopos.com, SOLO — Internet dianggap sejumlah orang sebagai tulang punggung dalam beraktivitas. Kebutuhan akses Internet saat ini tak kalah penting, terutama untuk menjaga agar komunikasi tetap terjaga.

Advertisement

Salah satu media untuk terus dapat menjalin komunikasi saat ini ialah melalui aplikasi smartphone Whatsapp. Untuk menggunakan layanan ini, tentu saja Internet atau data diperlukan di dalamnya.

Namun ternyata, ada cara yang bisa dilakukan agar tak terlalu banyak menggunakan data di Whatsapp. Berikut ini cara mudah kurangi konsumsi data di Whatsapp pada perangkat berbasis Android, sebagaimana dilansir Mash Tips, Jumat (5/2/2016).

Atur Whatsapp Autodownload ke Wifi

Advertisement

Langkah awal untuk menyiasati penggunaan data seluler adalah dengan mengatur autodownload Whatsapp. Apabila tidak, Whatsapp akan secara otomatis mengunduh semua pesan media, tak peduli itu menggunakan data seluler atau Wifi. Oleh karena itu, ubahlah pengaturan download hanya menggunakan wifi. Caranya, masuk ke menu Setting>Chat and Calls>Media Autodownload dan pilihlah media diunduh via Wifi atau tidak.

Save Data Usage di Whatsapp Calls

Ketika Anda membuat VoIP call menggunakan Whatsapp, itu akan membutuhkan konsumsi data untuk mentransfer voice data. Akan tetapi, Anda bisa mengurangi data usage saat melakukan panggilan via Whatsapp. Caranya, masuk ke Setting>Chat and Calls>centang Low Data Usage.

Advertisement

Matikan Backup Chat Whatsapp dengan Data Seluler

Backup chat ke cloud merupakan fitur yang cukup bagus ditawarkan Whatsapp. Untuk mem-backup data Whatsapp ini membutuhkan data yang cukup banyak. Karena itu, Anda bisa memilih untuk mem-backup Whatsapp dengan pilihan Wifi. Dengan beberapa solusi itu, Anda bisa mengontrol penggunaan konsumsi data seluler ponsel.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif