Jatim
Jumat, 5 Februari 2016 - 17:05 WIB

TAHUN BARU IMLEK : Barongsai dan Liong Samsi Sambut Tahun Baru Imlek di Bojonegoro

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bersih-bersih Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro menjelang Tahun Baru 2567 Imlek. (JIBI/Solopos/Antara/Slamet Agus Sudarmojo)

Tahun Baru Imlek di Bojonegoro akan dimeriahkan pertunjukan Barongsai dan Liong Samsi berkeliling kota.

Madiunpos.com, BOJONEGORO — Pengurus Tempat Ibadah Tridarma (TITD) Kelenteng Hok Swie Bio di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menjadwalkan persembahyangan bersama dan pertunjukan kesenian Barongsai dan Liong Samsi untuk merayakan Tahun Baru 2567 Imlek, selama dua hari, Minggu-Senin (7-8/2/2016).

Advertisement

“Kesenian Barongsai dan Liong di hari pertama, dilaksakan hanya dilingkungan kelenteng, pada 7 Februari,” kata Petugas Kelenteng Hok swie Bio di Bojonegoro Endang Yulianawati, di Bojonegoro, Jumat (5/2/2016).

Seni pertunjukan Barongsai dan Liong Samsi itu dijadwalkan digelar di halaman kelenteng, setelah pelaksanaan sembahyang bersama menyambut Tahun Baru Imlek, Minggu pukul 15.00 WIB. “Biasanya peserta sembahyang Imlek hanya berkisar 35-40 orang dari warga lokal,” ucapnya.

Kelenteng  Hok Swie Bio selanjutnya menjadwalkan sembahyang berjamaah pada tengah malam. “Peserta sembahyangnya juga sama dengan peserta sembahyang sebelumnya,” kata Endang yang dibenarkan pula petugas kelenteng lainnya, Sugiarto.

Advertisement

Keesokkan harinya, Senin, bersamaan dengan hari libur nasional Tahun Baru Imlek, sambungnya, kembali dijadwalkan pergelaran seni pertunjukan Barongsai dan Liong Samsi. Pada hari itu, para seniman Barongsai dan Liong Samsi tak hanya beraksi di halaman kelenteng, melainkan juga berkeliling kota. “Arak-arakan pawai Barongsai dan Liong hanya di jalan-jalan seputaran kota,” katanya.

Tanpa Kirab Kim Sie
Lebih lanjut ia menjelaskan perayaan Hari Raya Imlek di kelenteng setempat tahun ini tidak jauh berbeda dengan perayaan di tahun-tahun yang lalu, yaitu sembahyang, juga ada kemeriahan kesenian Barongsai dan Liong. “Kelenteng menggelar perayaan besar-besaran dengan mengundang pihak luar kalau ada kirab Kim Sie, yang dilaksanakan delapan tahun sekali,” ucapnya, menambahkan.

Meski demikian, pengurus Tempat Ibadah Tridarma (TITD) Kelenteng Hok Swie Bio Bojonegoro melakukan persiapan yang tak kalah sibuk menjelang Tahun Baru 2567 Imlek. Pengurus antara lain telah membersihkan ruangan sembahyang, memasang lampion, baik di dalam maupun luar ruangan. “Jumlahnya tidak banyak hanya sekitar 30 lampion yang kami pasang,” ucapnya.

Advertisement

Ia menambahkan jemaat Kelenteng Hok Swie Bio dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek juga akan melakukan kunjungan untuk saling maaf-memaafkan, seperti umat Islam ketika Hari Idul Fitri. “Sama kita juga saling berkunjung kepada keluarga lainnya untuk saling maaf memaafkan,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif