Jogja
Jumat, 5 Februari 2016 - 10:40 WIB

PILKADA KOTA JOGJA : Wironegoro Masuk Proyeksi Calon Walikota

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Selain dia DPC Gerindra juga sudah menyiapkan deretan nama lain yang akan melalui proses seleksi internal.

 

Advertisement

 

Harianjogja.com, JOGJA-Menantu Sultan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Wironegoro masuk ke dalam daftar nama yang akan diusung Gerindra dalam Pilkada Kota 2017. Selain dia DPC Gerindra juga sudah menyiapkan deretan nama lain yang akan melalui proses seleksi internal.

Masuknya nama KPH Wironegoro dalam calon yang akan diusung Gerindra diungkapkan oleh Ketua DPC Gerindra Kota Jogja Anton Prabu Semendawai. Menurutnya meskipun Pilkada Kota baru akan digelar setahun lagi namun internal partai sudah mulai memilah nama yang kmungkinan akan diusung.

Advertisement

“Salah satunya KPH Wironegoro,” ungkapnya di DPRD DIY Kamis (4/2/2016).

Anton menjelaskan munculnya Wironegoro tidak terjadi secara mendadak. Sudah ada sederet pertimbangan yang melandasi namanya muncul sebagai salah satu kandidat. Selain sebagai menantu Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, Wironegoro juga merupakan kader partai Gerindra sebagai Dewan Pertimbangan.

Lebih lanjut dia mengakui Gerindra saat ini tak bisa maju sendirian. Untuk bisa memenangi Pilkada Kota mereka mesti berkoalisi dengan partai lain. Nyatanya batas minimal untuk bisa mengusung calon adalah menduduki delapan kursi Dewan. Saat ini mereka hanya menempatkan lima wakil sehingga butuh tiga kursi lagi untuk berkoalisi.

Advertisement

“Kalau aprtai mana yang akan diajak berkoalisi kami belum tahu, yang jelas memperkuat basis internal dulu,” kata dia.

Sebelumnya, sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Gerindra Dharma Setiawan mengatakan sudah membuka pendaftaran calon sejak awal agar mereka memiliki waktu untuk memilih calon yang terbaik dan berpotensi menang. Sejauh ini ereka sudah mengantongi beberapa nama lain seperti mantan Wakapolda DIY Haka Astana atau Dosen Arsitektur Universitas Islam Indonesia UII. Kedua tokoh itu dinilainya memiliki kapabilitas dalam membangun Kota Jogja.

Selain keduanya, Anton Prabu Semendawai juga diproyeksikan maju mengikuti Pilkada Kota Jogja. Selain itu ada pula Sinargiat selaku Wakil Ketua Bidang Organisasi Keanggotan Kader yang juga berasal dari internal partai Gerindra.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif