Otomotif
Jumat, 5 Februari 2016 - 16:35 WIB

Ini Penyebab Sepedometer Rusak

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jupiter MX King gunakan Spedo Meter Digital (Yamaha)

Keberadaan sepedometer terkadang sangat penting saat kita berkendara. Namun, apakah Anda tahu salah satu penyebab sepedometer Anda rusak?

 

Advertisement

 
Harianjogja.com, JAKARTA —Apakah Anda selalu memerhatikan speedometer ketika berkendara? Seberapa pentingkah fungsi speedometer bagi Anda?

Speedometer merupakan satu dari sekian banyak komponen kendaraan yang mampu memberikan Anda informasi mengenai kecepatan mobil. Rusaknya speedometer tentu akan membuat Anda menjadi tidak mengetahui kecepatan ketika sedang melaju, hal ini pun bisa membahayakan keselamatan Anda dan penghuni kendaraan lainnya.

Seperti yang diketahui jika speedometer yang bekerja maksimal akan ditunjukkan dengan pergerakan jarum atau perubahan angka jika sudah menerapkan teknologi digital.

Advertisement

Bila speedometer tersebut rusak, maka jarum biasanya akan naik dan turun tidak beraturan dan tidak menunjukkan kecepatan mobil yang sebenarnya.

Lalu, kira-kira hal apa saja yang bisa menyebabkan kerusakan pada speedometer?

Pertama, yang harus Anda cek adalah kabel pada speedometer, perhatikan kondisinya dan periksa jika ada yang rusak atau tidak. Bila ada kabel speedometer yang putus, tentu akan membuat komponen ini tidak bekerja normal.

Advertisement

Lalu, perhatikan pula cara mengemudi Anda, jika berkendara dengan ugal-ugalan maka bisa jadi itu adalah alasan mengapa speedometer Anda menjadi rusak. Berkendara di tempat yang penuh dengan guncangan juga dapat membuat speedometer Anda ikut berguncang tidak teratur dan membuatnya rusak.

Pada akhirnya, kerusakan pada speedometer ini bisa disebabkan karena tromol yang rusak sehingga membuat kabel speedometer tidak berputar.

Solusinya adalah, Anda bisa melakukan penyemprotan menggunakan cairan penertan pada kabel yang berdebu atau karatan.

Jika ditemukan kabel yang putus, segera ganti dengan cara membawanya ke bengkel langganan Anda.

Advertisement
Kata Kunci : Spedometer
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif