News
Jumat, 5 Februari 2016 - 15:15 WIB

GERAKAN PRAMUKA : Pembinaan Pramuka Diserahkan ke Kemendikbud

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI)

Gerakan Pramuka di Tanah Air akan terus dibina di bawah koordinasi Kemendikbud.

Solopos.com, JAKARTA – Koordinasi pembinaan kepramukaan akan diserahkan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud).

Advertisement

Hal itu diungkapkan Ketua Kwartir Nasional Pramuka Adhyaksa Dault dalam jumpa pers seusai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kompleks Kantor Kepresidenan di Jakarta, Jumat (5/2/2016).

Adhyaksa mengatakan Presiden Jokowi dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi telah menyetujui perubahan pembinaan kepramukaan tersebut.

Menurut dia, anggota pramuka rata-rata berumur 17 tahun ke bawah yang semuanya masih anak sekolah sehingga akan lebih tepat dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Advertisement

Lebih lanjut, Adhyaksa mengatakan Jambore Nasional X yang akan berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, 14-23 Agustus 2016 akan diikuti sekitar 25.000 peserta.

“Jambore tersebut istimewa karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 55 Pramuka di Indonesia,” kata Adhyaksa. Selain materi-materi kepramukaan, Jambore Nasional juga akan menyajikan materi-materi tambahan yang releven dengan kondisi saat ini antara lain program deradikalisasi dan ekonomi kreatif.

Sejumlah menteri juga akan memberikan materi pada jambore. “Pramuka akan dididik ekonomi kreatif agar bisa membuka usaha dan bukan lagi menjadi pegawai negeri,” kata dia.

Advertisement

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan perubahan koordinasi pembinaan pramuka dilakukan setelah ada revisi undang-undang tentang pramuka.

“Di undang-undang kan disebutkan bahwa koordinasi pembinaan pramuka ditangani kementerian yang membidangi pemuda sehingga undang-undangnya perlu direvisi menjadi kementerian yang membidangi pendidikan,” katanya.

Nahrawi berharap pembinaan kepramukaan akan lebih baik jika ditangani Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebab akan memiliki anggaran lebih besar jika dibanding dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif