Otomotif
Kamis, 4 Februari 2016 - 00:10 WIB

MOBIL MITSUBISHI : Pajero Sport Terbaru Gunakan Mesin Lawas, Ini Alasannya

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mitsubishi All New Pajero Sport. (Okezone.com)

Mobil Mitsubishi Pajero Sport terbaru juga minim fitur canggih.

Solopos.com, JAKARTA – Bursa mobil Indonesia mulai disesakkan oleh mobil Mitsubishi All New Pajero Sport. Meski mengusung nama All New yang berarti seluruhnya baru, ternyata tidak demikian pada sektor mesin.

Advertisement

Dalam iklan disebutkan mobil Mitsubishi Pajero Sport terbaru dibekali mesin diesel gres 4N15 2.400 cc MIVEC turbo with intercooled. Tetapi jangan salah, mesin tersebut hanya dijejalkan untuk tipe termahal, yaitu All New Pajero Sport Dakar.

Sedangkan tipe Exceed dan GLX, pabrikan berlambang tiga berlian itu masih menggunakan mesin model lama, yakni 4D56 2.500 cc. Corporate GM Mitsubishi Motor Corp, Koichi Namiki berdalih mesin tersebut sudah terbukti ketangguhannya sehingga belum perlu diganti.

“Sebenarnya engine yang sebelumnya itu sudah memiliki performance yang baik karena masih ada kebutuhan di masyarakat. Tidak hanya untuk teknologi terbaru, tapi juga mesin yang sudah reliable sebelumnya,” papar Namiki seperti dilansir laman Okezone, Selasa (2/2/2016).

Advertisement

Selain perkara mesin, unit mobil Mitsubishi All New Pajero Sport di Indonesia ternyata berbeda dengan unit yang beredar di Thailand. Perbedaan yang dimaksud itu terdapat pada sektor kelengkapan fitur.

Namiki mengakui ada fitur canggih yang dipangkas pada mobil Mitsubishi Pajerop Sport terbaru di Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah fitur Blind Sport Warning System, Forward Mitigation Collision System, dan Radar and Ultrasonic.

Menurutnya fitur-fitur itu kurang berguna di Indonesia dan cenderung mengganggu karena terlalu sensitif. Ia memberi contoh, fitur radar bisa menganggap sepeda motor yang terlalu dekat dengan mobil sebagai objek yang membahayakan. Alhasil, alarm akan berbunyi.

Advertisement

“Alasannya [tidak ada fitur canggih] adalah keunikan market Indonesia sendiri. Banyak motor berseliweran di antara barisan mobil. Kadang-kadang oleh sistem itu diekspektasi sebagai pembahaya kendaraan. Padahal itu hal yang sudah biasa,” ungkap Koichi dikutip dari laman Detik.

Sebagai informasi, mobil Mitsubishi Pajero Sport meluncur di Indonesia, Jumat (29/1) lalu. Mobil SUV penantang Toyota Fortuner dan Ford Everest itu dibanderol mulai Rp446 juta hingga Rp623 juta on the road Jakarta.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif