News
Kamis, 4 Februari 2016 - 17:15 WIB

EKONOMI INDONESIA : Tiru Obama dan Modi, Jokowi Ingin Bangun Country Branding

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi menikmati Pulau Pianemo, Raja Ampat, Jumat (1/1/2016). (Istimewa/@jokowi)

Ekonomi Indonesia menjadi perhatian pemerintah untuk memenangkan persaingan di dunia global.

Solopos.com, JAKARTA – Di era persaingan yang kian ketat di dunia global, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan negara manapun harus bisa membangun country branding.

Advertisement

“Dibangun positioning-nya, dibangun depresiasinya, dibangun branding-nya, dikemas produk-produknya sehingga muncul sebuah persepsi, muncul sebuah image negara yang mereka kehendaki,” kata Jokowi dalam pertemuan Bakohumas Kementerian/Lembaga dan BUMN untuk Percepatan Pembangunan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Presiden menegaskan semua negara saat ini, termasuk Amerika Serikat (AS) dan India yang telah sukses melakukan country branding atau membangun kemasan citra negara.

“Presiden [Barack] Obama dan Perdana Menteri Narendra Modi melakukan itu. Untuk apa? Country branding,” kata Presiden.

Advertisement

Menurut Jokowi, dengan adanya country branding akan muncul image mengenai perdagangan, pariwisatanya, investasi yang sangat baik.

Presiden juga berpesan walaupun sudah terbangun persepsi yang baik tetapi jangan melupakan lapangannya juga harus dibangun yang baik pula. “Jangan sampai image-nya sudah sudah baik, tapi lapangannya kocar-kacir. Itu yang saya tidak mau,” kata Presiden.

Dalam kesempatan ini, Presiden juga meminta para Humas Kementerian/Lembaga dan BUMN harus bisa menginformasikan semua program yang sedang dijalankan oleh pemerintah.

Advertisement

“Kita perlu menginformasikan apa pun yang dikerjakan oleh kementerian, lembaga, oleh BUMN. Informasikan secepat-secepatnya kepada rakyat agar tahu apa yang kita kerjakan,” kata dia.

Presiden meminta tidak hanya informasi yang baik saja, tetapi juga suatu hal jika terjadi permasalahan harus juga disampaikan ke rakyat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif