Jateng
Kamis, 4 Februari 2016 - 09:50 WIB

DANA HIBAH KONI : DPRD Usul Pencairan Dana Hibah KONI Rp70,8 Miliar Dilakukan Sekaligus

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (konijateng.tk)

Dana Hibah KONI Jateng diusulkan agar dicairkan sekaligus.

Semarangpos.com, SEMARANG-Komisi E DPRD Jawa Tengah (Jateng) mengusulkan agar pencairan dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jateng dilakukan sekaligus.

Advertisement

Selama ini pencairan dana hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk KONI dilakukan dalam tiga tahap, sehingga dinilai tidak efektif dalam pembinaan olahraga.

”Kami mengusulkan agar pencairan dana hibah untuk KONI Jateng 2016 senilai Rp70,8 miliar dilakukan sekaligus,” kata Ketua Komisi E DPRD Jateng A.S. Sukawijaya di Semarang, Rabu (3/2/2016).

Dengan pencairan sekaligus, lanjut dia, agar KONI bisa mempersiapkan sedini mungkin untuk mengikuti berbagai turnamen olahraga seperti pra-PON, kejuaraan nasional, dan lainnya.
Bila masih mengacu pencairan dana hibah pada tahun sebelumnya yang tiga tahap, sambung Sukawijaya, selain tidak efektif juga dananya tidak bisa terserap semua.

Advertisement

Dia menyebutkan dana hibah KONI pada 2015 yang tidak bisa cair senilai Rp8 miliar karena tersendatnya proses pencairan sehingga ketika dana cair tidak bisa digunakan sebab jarak waktu antara pencairan dan dan persiapan turnamen terlalu mepet.

”Pada 2015 dana KONI yang tidak cair Rp8 miliar sehingga masuk ke dalam sisa lebih pembiayaan anggaran (Silpa) APBD 2015. Untuk itu pencairan dana hibah tahun ini [2016] agar sekaligus,” ujar Yoyok Sukawi panggilan Sukawijaya.

Dia menambahkan masih masih menunggu hasil kajian Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Jateng terkait sistem keuangan pencairan dana untuk KONI.
Anggota Komisi E DPRD Jateng Kukuh Birowo menyatakan pencairan dana untuk KONI perlu sekaligus dalam satu tahun karena terkait dengan pelaksanaan turnamen cabang olahraga yang waktunya berbeda-beda.

Advertisement

Pasalnya kalau pencairan dananya masih dilakukan tiga tahap, maka dikhawatirkan saat ada turnamen cabang olahraga tertentu Jateng tidak bisa ambilbagian karena dana belum cair.
”Kami minta kepada Pemprov Jateng agar pencairan dana hibah KONI dilakukan sekaligus. Ini untuk kebaikan olahraga di Jateng,” tandas politisi Partai Demokrat ini.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif