News
Rabu, 3 Februari 2016 - 02:10 WIB

WABAH VIRUS ZIKA : WHO Deklarasikan Darurat Global

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penanggulangan virus Zika di Kolombia (Reuters)

Wabah virus Zika menjadi keadaan darurat global.

Solopos.com, SOLO – Wabah virus Zika semakin cepat menyebar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan penyakit yang terkait virus Zika di Amerika Latin sebagai keadaan darurat kesehatan global yang memerlukan tanggapan terpadu.

Advertisement

Banyak ahli khawatir virus tersebut akan menyebar secara cepat dan meluas dengan konsekuensi besar. Infeksi virus itu dikaitkan dengan gejala microcephaly atau kelahiran bayi dengan ukuran otak yang lebih kecil.

WHO kini menyatakan Zika berada dalam kategori yang sama dengan wabah Ebola, sebagaimana dikutip Bbc.co.uk, Selasa (2/2/2016).

Dengan demikian maka penelitian dan bantuan dana akan disalurkan dengan cepat untuk mengatasi virus Zika setelah ditemukannya sekitar 4.000 kasus microcephaly di Brasil sejak Oktober tahun lalu.

Advertisement

Seusai pertemuan para ahli kesehatan dunia kemarin di Jenewa, Swiss, Dirjen WHO Margaret Chan menyatakan Zika sebagai ‘peristiwa yang tidak biasa’ yang membutuhkan tanggapan yang terkoordinasi.

“Saya kini menyatakan sejumlah microcephaly baru-baru ini dan kelainan neurologis lainnya yang dilaporkan di Amerika Latin merupakan keadaan darurat kesehatan umum dengan keprihatinan internasional,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif