Jateng
Senin, 1 Februari 2016 - 18:50 WIB

CUACA BURUK : Gelombang Tinggi, Penyeberangan Jepara-Karimunjawa Terganggu

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Keindahan Kepulauan Karimunjawa (JIBI/Solopos/Dok/ilustrasi )

Cuaca buruk kembali terjadi di kawasan Karimunjawa yang mengganggu penyeberang ke pulau tersebut.

Semarangpos.com, JEPARA-Aktivitas kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa dan sebaliknya ditunda sementara akibat cuaca buruk di laut setempat.

Advertisement

“Sebelumnya, cuaca di Laut Jepara cukup bagus namun akhir-akhir ini mulai muncul gelombang tinggi serta angin yang cukup kencang,” kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jepara Sutana di Kudus, Senin (1/2/2016).

Pada hari ini atau Senin, kata dia, Syahbandar Jepara memang tidak mengeluarkan surat persetujuan berlayar (SPB) untuk kapal penyeberangan penumpang.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jateng disebutkan bahwa ketinggian gelombang laut hari ini (1/2) 0,5-1,5 meter dengan kecepatan angin antara 5-20 knot.

Advertisement

Hasil komunikasi dengan Syahbandar Karimunjawa, kata dia, ketinggian gelombang laut memang tidak terlalu tinggi, namun kecepatan anginnya juga mengkhawatirkan.

Kondisi tersebut, kata dia, diperparah dengan cuaca yang mulai mendung, sehingga demi keselamatan dan kondisi riil di lapangan dimungkinkan menjadi pertimbangan untuk menunda keberangkatan kapal penumpang.

Dengan melihat kondisi riil di lapangan saat ini, dia mengimbau para nelayan maupun masyarakat yang aktivitasnya di laut untuk waspadai gelombang tinggi karena sudah mulai terlihat adanya gelombang tinggi dengan kecepatan angin yang relatif cukup kencang.

Advertisement

“Nelayan Jepara juga kami imbau untuk tidak melaut ketika cuaca di laut memang tidak memungkinkan, terutama tiupan anginnya cukup kencang,” ujarnya.

Syahbandar Jepara Suripto membenarkan, bahwa pelayanan surat persetujuan berlayar untuk sementara ditunda.

“Ketika cuaca normal kembali, tentunya akan dibuka kembali pelayanan tersebut,” ujarnya.

Pengelola Kapal Express Bahari Jepara tujuan Jepara-Karimunjawa juga menginformasikan kepada pelanggannya bahwa pada Senin (1/2/2016) kapal tidak bisa diberangkatkan karena gelombang tinggi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif