News
Minggu, 31 Januari 2016 - 21:45 WIB

PERGURUAN TINGGI TERBAIK : UI Sabet Gelar PT Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (kampus-info.com)

Perguruan tinggi terbaik di Indonesia diraih oleh Universitas Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA – Universitas Indonesia (UI) berhasil menyabet gelar perguruan tinggi dengan website terbaik di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities 2016.

Advertisement

Rektor UI Muhammad Anis di Kampus UI Depok, Minggu (31/1/2016), mengatakan pencapaian UI sebagai Perguruan Tinggi dengan website terbaik di Indonesia bukan hanya milik UI semata melainkan juga keberhasilan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia.

Dilansir Antara, Minggu (31/1/2016), Muhammad Anis juga mengungkapkan universitas di Indonesia telah bersama-sama memaksimalkan kegunaan website institusinya untuk menyongsong era pendidikan berbasis Information Communication Technology (ICT).

Pengembangan website dan peningkatan publikasi ilmiah nasional maupun internasional menjadi salah satu strategi UI untuk menyediakan akses transfer pengetahuan serta pendidikan dan pengajaran yang berkualitas secara meluas. Tidak hanya diperuntukkan bagi civitas akademika UI saja melainkan bagi bangsa Indonesia maupun masyarakat global.

Advertisement

Perolehan ini, lanjut Anis didasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometric Ranking of World Universities yang terdiri atas empat indikator yaitu petama Presence merupakan jumlah halaman website yang terekam pada search engine (Google), kedua Impact merupakan jumlah eksternal link unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam search engine (Google).

Selanjutnya ketiga Openness merupakan jumlah file dokumen (Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar), keempat dan Excellence merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika yang terindeks di Google Scholar.

Selain UI, beberapa perguruan tinggi Indonesia yang masuk ke dalam lima terbaik di Indonesia versi Webometrics 2016 yaitu Institut Teknologi Bandung (peringkat 2 di Indonesia, peringkat 796 di dunia), Universitas Gadjah Mada (peringkat 3, peringkat 802), Universitas Diponegoro (peringkat 4, peringkat 1.442) dan Universitas Riau (peringkat 5, peringkat 1.502).

Advertisement

Webometrics merupakan sistem perankingan Perguruan Tinggi se-dunia berbasis website. Pemeringkatan dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol dengan menilai lebih dari 21.000 website perguruan tinggi di dunia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif