Lifestyle
Sabtu, 30 Januari 2016 - 07:00 WIB

TIPS KESEHATAN : Makan 3 Sendok Minyak Kelapa Ampuh Tingkatkan Fungsi Otak

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi minyak kelapa (Berebite.com.au)

Tips kesehatan kali ini mengulas soal manfaat minyak kelapa.

Solopos.com, SOLO — Tahukah Anda? Mengonsumsi minyak kelapa murni sebanyak tiga sendok makan bisa meningkatkan fungsi otak.

Advertisement

Sebagaimana dikutip Solopos.com dari Healthyfoodteam, Kamis (28/1/2016), minyak kelapa mengandung lemak yang penting untuk tubuh. Lemak tersebut adalah Medium Chain Triglycerides (MCT).

Dalam jurnal kesehatan berjudul Neurobiology of Aging yang diterbitkan peneliti pada 2004, MCT ini mampu meningkatkan fungsi otak seseorang. Maka dari itu, minyak kelapa ini baik bila dikonsumsi orang tua yang diserang penyakit gangguan memori, seperti alzheimer.

Para peneliti dalam jurnal Neurobiology of Aging ini melakukan penelitian terhadap seberapa banyak minyak kelapa yang diperlukan untuk mengatasi masalah memori ini. Hasilnya adalah dosis 40 ml atau tiga sendok makan minyak kelapa bisa memperbaiki fungsi otak yang terganggu. Hal itu karena konfigurasi MCT bisa memasok bahan bakar untuk otak, sehingga otak mengalami peningkatan dalam fungsinya.

Advertisement

Untuk mengonsumsi minyak kelapa ini, Anda tidak harus memakannya mentah-mentah. Anda bisa mencampurkan santan—mengandung minyak kelapa—pada masakan. Tapi ingat, atur porsi santan yang Anda gunakan untuk makanan. Jangan sampai berlebihan karena bisa menimbulkan kolesterol.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif