News
Jumat, 29 Januari 2016 - 21:15 WIB

POLEMIK E-KTP : Mendagri Perintahkan Jajarannya Cepat Selesaikan Persoalan E-KTP

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi e-KTP. (JIBI/Solopos/Dok.)

Polemik e-KTP belum juga tuntas. Mendagri memerintahkan jajarannya segera menyelesaikan pembuatan e-KTP.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memerintahkan seluruh jajarannya untuk turun ke lapangan, agar dapat mempercepat penyelesaian pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Advertisement

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengatakan telah memerintahkan seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk turun ke lapangan menyelesaikan pembuatan e-KTP. Hal itu dilakukan agar pendataan identitas masyarakat lebih valid.

“Kami terus minta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil daerah untuk jemput bola menyelesaikan pembuatan e-KTP masyarakat pedesaan, pinggiran, perbatasan, dan seluruh masyarakat yang sudah memenuhi syarat harus memiliki e-KTP,” katanya melalui keterangan resmi di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Tjahjo menuturkan e-KTP memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat saat ini, karena menjadi persyaratan dalam mengurus sejumlah dokumen, seperti pembuatan rekening tabungan, dan asuransi.

Advertisement

Selain itu, pembuatan e-KTP juga diperlukan untuk penyempurnaan data kependudukan dari seluruh masyarakat dengan nomor induk kependudukan tunggal.

Tjahjo juga mengakui hingga kini masih ada sejumlah kekurangan dalam proses pembuatan e-KTP. Hal itu disebabkan oleh terbatasnya sumber daya manusia dan sejumlah fasilitas lainnya.

“Kami akui ada keterlambatan. Ada macam-macam masalah, mulai dari blanko, administrasi, hingga sumber daya manusia yang masih kurang. Akan tetapi, ini kedepannya akan terus kami perbaiki,” ujar dia.

Advertisement

Dia pun meminta masyarakat memaklumi proses pembuatan e-KTP yang lamban, karena terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki pemerintah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif