News
Jumat, 29 Januari 2016 - 12:15 WIB

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN : Jokowi Minta TNI-Polri Cepat Merespons Perubahan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dengan seragam Kostrad (JIBI/Solopos/Antara/Nova Wahyudi)

Masyarakat Ekonomi ASEAN meningkatkan persaingan.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan saat ini Indonesia sudah memasuki era kompetisi persaingan global. Oleh sebab itu, Presiden minta TNI dan Polri merespons cepat perubahan tersebut.

Advertisement

“Ini era kompetisi yang kita masuki. Kuncinya produktivitas, etos, dan daya saing. Oleh sebabnya kita harus tinggalkan cara dan tradisi lama yang tidak cepat,” kata dia saat memberikan arahan rapat pimpinan TNI-Polri di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Hadir dalam rapim itu antara lain Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan, dan Seskab Pramono Anung beserta pejabat tinggi Polri dan TNI.

Menurut Jokowi, kecepatan tersebut harus ada di TNI dan Polri selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap pertahanan dan keamanan. Menurut Presiden perubahan global sangat cepat terjadi ditandai dengan depresi Yuan dan The Fed.

Advertisement

“Perubahan dari detik ke menit bahkan minggu ini yang harus direspons,” kata dia.

Presiden mengatakan terkait era persaingan saat ini sudah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN di kawasan regional. Selain itu, pemerintah juga mulai menimbang untuk masuk Trans Pacific Partnership dan berbagai kerja sama sejenis lainnya.

“Kita hitung untung ruginya agar produk kita kompetitif,” kata Jokowi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif