Lifestyle
Jumat, 29 Januari 2016 - 00:50 WIB

INFO HIDUP SEHAT : Jus Kubis, Atasi Kanker hingga Anemia

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jus kubis (Healthyfoodteam.com)

Info hidup sehat kali ini mengulas soal manfaat jus kubis.

Solopos.com, SOLO — Kubis bisa Anda manfaatkan untuk melawan sejumlah penyakit, mulai dari kanker hingga anemia. Simak ulasan mengenai hal itu di info hidup sehat kali ini, Kamis (28/1/2016).

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari Healthyfoodteam, Kamis, jus kubis rendah kalori dan kaya nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

1. Kanker
Kubis mengandung sulforaphane. Sulforaphane ini menghambat perkembangan karsinogen yang menyerang sel-sel sehat. Jenis kanker yang bisa diatasi dengan jus kubis ini antara lain kanker prostat, perut, payudara, usus besar, dan isosianat.

2. Sistem Kekebalan
Jus kubis bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh karena memicu perkembangan sel T atau limfosit. Sel T inilah yang bertanggung jawab menjaga daya imun dalam tubuh.

Advertisement

3. Arthritis
Kubis kaya akan selenium yang efektif mengurangi gejala penyakit arthritis. Sifat antiinflamasi yang kuat dalam kubis sangat bermanfaat, untuk mengurangi pelbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh peradangan kronis.

4. Meningkatkan Fungsi Otak
Kubis mengandung vitamin K dan anthocyanin. Bila dikonsumsi, kubis bisa meningkatkan konsentrasi otak. Nutrisi ini sangat penting untuk pencegahan gangguan saraf atau memori otak, seperti demensia dan alzheimer.

5. Antipenuaan
Jus kubis memiliki nutrisi yang bersifat sebagai antipenuaan. Orang yang mengonsumsi kubis secara rutin, bisa terhindar ciri-ciri penuaan, seperti kulit kering dan keriput.

Advertisement

6. Peradangan Kulit
Kubis kaya akan asam amino. Asam amino inilah yang efektif mengurangi peradangan kulit.

7. Penyakit Jantung
Mengonsumsi jus kubis bisa terhindat dari penyakit jantung. Hal itu karena kandungan selenium yang ada dalam kubis. Selain itu, kubis juga mengandung omega 3 asam lemak yang penting untuk kesehatan jantung, mencegah gagal jantung, dan stroke.

8. Anemia
Asam folat dalam kubis bisa memicu penciptaan sel-sel darag baru dalam tubuh. Maka dari itu, penderita anemia disarankan untuk mengomsumsi jus kubis mentah-mentah.

Untuk membuat jus kubis, Anda cukup memblender tanaman tersebut. Jangan tambahkan gula dalam jus kubis, karena khasiatnya bisa berkurang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif