Soloraya
Jumat, 29 Januari 2016 - 11:15 WIB

IMLEK 2016 : Grebeg Sudiro Dimulai, Perahu Hias Kali Pepe Siap Angkut Pengunjung

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - GREBEG SUDIRO (JIBI/SOLOPOS/dok)

Imlek 2016 diperingati dengan Grebeg Sudiro.

Solopos.com, SOLO – Rangkaian perayaan Grebeg Sudiro di Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Solo, dimulai Kamis (28/1/2016).

Advertisement

Menurut Ketua II Grebeg Sudiro 2016, Yunanto Nugroho, acara yang digelar mulai Kamis antara lain Umbul Mantram pergelaran wayang kulit di Bk Teko pukul 18.00 WIB, Balong, bazar potensi dan wisata perahu hias Kali Pepe pukul 17.00 WIB-21.00 WIB.

“Wayang kulit yang kami selenggarakan mengambil lakon Rama Tambak dengan dalang Ki Warsito Jati dari Jebres,” kata dia ketika ditemui di sela-sela persiapan acara, Kamis.

Menurut dia lakon wayang kulit tersebut mempunyai filosofi gotong royong yang kuat seperti yang dilakukan di kampungnya. Karena selama ini dinilai telah terjalin gotong royong yang solid antara etnis Tionghoa dan Jawa yang bermukim di kampungnya.

Advertisement

Selain itu pihaknya juga mengadakan wisata perahu hias Kali Pepe yang diselenggarakan tanggal 28 Januari-7 Februari 2016. Perahu tersebut akan dijalankan oleh juru mudinya pada pukul 17.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Karena itu pihaknya menyediakan penggal Kali Pepe yang melintas di tengah Kota Solo ini sepanjang 300 meter. Penumpang yang akan merasakan sensasi tersebut dipungut biaya Rp10.000 per orang.

Guna menyemarakkan suasana pihaknya juga menggelar bazar di tepi Kali Pepe yang menampilkan potensi ekonomi rakyat. Agar pengunjung tak jenuh, kata dia, pihaknya menggelar hiburan di tempat tersebut selama acara digelar.

Advertisement

“Hiburan yang kami adakan setiap malam diusahakan ganti terus. Di antaranya ada Koes Plus-an, musik bambu, band dan sebagainya,” ujar Yunanto.

Untuk karnaval budaya pihaknya menjadwalkan pada Minggu (31/1/2016) pukul 13.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB.

Rencananya karnaval keliling kampung mulai dari pasar Gede, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Mayor Sunaryo, Jl. Kapten Mulyadi, Perempatan Ketandan, Jl. RE. Martadinata, Jl. Cut Nyak Dien, Jl. Ir H. Juanda, Perempatan Warung Pelem, Jl. Urip Kusumoharjo dan finis di Pasar Gede.

Sedangkan pesta kembang api dilaksanakan Minggu (7/2/2016) pukul 20.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB di Pasar Gede.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif