Jogja
Jumat, 29 Januari 2016 - 08:20 WIB

DURIAN KALIBAWANG : Musim Ini, Festival Durian Kulonprogo Ditiadakan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana festival durian Menoreh di Dusun Bendo, Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo, Minggu (2/3/2014). (JIBI/Harian Jogja/Switzy A Sabandar)

Durian Kalibawang pada musim panen ini tidak berbuah secara maksimal karena terdampak el nino

Harianjogja.com, KULONPROGO- Dampak el nino mengganggu produksi durian di Banjaroyo Kalibawang Kulonprogo. Kebutuhan untuk festival ini yang mencapai 8000-9000 durian per hari tak bisa dipenuhi karena faktor cuaca yang tak menentu.

Advertisement

Kepala Seksi Atraksi Wisata Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kulonprogo, Samsul Hilal menyebutkan bahwa tahun ini agenda atraksi wisata Kulonprogo tidak akan diisi dengan Festival Durian.

“Festival durian tidak ada tahun ini karena panennya kurang,” ujarnya pada Harian Jogja pada Kamis (28/1/2016).

Ia menambahkan bahwa hal ini cukup mengganggu agenda wisata Kulonprogo namun masih bisa ditanggulangi dengan beberapa tempat wisata lainnya yang marak beberapa waktu terakhir.

Advertisement

Sebelumnya, festival ini telah sukses menarik perhatian hingga ribuan orang untuk berkunjung ke Kalibawang khusus untuk mencicipi buah tersebut. Selain itu, dengan festival ini juga bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata di daerah sekitarnya.

Rokhmadu Inahayi, Pengelola Desa Wisata Banjaroyo, Kalibawang membenarkan kabar mengenai produktivitas panen durian yang menurun hingga gagalkan pelaksanaan Festival Durian Kalibawang. “Sulit capai target,” ujarnya.

Ia menyebutkan jika panen tahun ini hanya mencapai setengah produksi pada tahun lalu. Tahun ini pihaknya hanya bisa menyediakan sekitar 1000-2000 durian setiap harinya, jauh di bawah kebutuhan harian untuk pelaksanaan festival. Jumlah ini menurutnya masih terlalu sedikit sehingga diputuskan bahwa Festival Durian Kalibawang tidak bisa dilaksanakan.

Advertisement

Ini sekaligus membuat Festival Durian yang biasa digelar di Rest Area Pasar Bendo Banjaroyo Kalibawang ini gagal dilaksanakan untuk kedua kalinya.

Festival ini terakhir dilaksanakan pada tahun 2014 dan menjadi daya tarik wisata untuk kawasan Kulonprogo. Sebelumnya festival ini telah berhasil merangkul sekitar 48 petani durian di daerah tersebut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif