News
Kamis, 28 Januari 2016 - 15:40 WIB

UJIAN NASIONAL SOLO : 48 SMA/SMK di Solo Siap Gelar UNBK 2016

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN). (JIBI/Antara/Syaiful Arif)

Ujian nasional Solo, tim verifikator menyatakan ada 48 SMA/SMK di Solo yang siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Solopos.com, SOLO–Persiapan menjelang penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2016 terus dilakukan, khususnya untuk pelaksanaan UN Berbasis Komputer (UNBK). Tim verifikator sekolah pelaksana UNBK mencatat kini ada 48 SMA/SMK yang dinyatakan siap melaksanakan ujian tersebut.

Advertisement

Untuk jenjang SMA, ada 19 sekolah, sementara untuk jenjang SMK, dari semula hanya 27 SMK, bertambah 2 SMK lagi sehingga totalnya ada 29 SMK yang dinyatakan siap.

Hal itu diakui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Unggul Sudarmo, ketika ditemui wartawan di kantornya, Kamis (28/1/2016).

Unggul menyebutkan tim verifikator telah turun ke setiap sekolah calon pelaksana UNBK. Dari verifikasi yang telah dilakukan tersebut, untuk SMA, tercatat ada delapan SMAN bakal melaksanakan UNBK, sedangkan SMA swasta ada sebelas SMA. Sedangkan untuk SMK, selain sembilan SMK negeri, pihaknya mencatat ada 18 SMK swasta yang siap melaksanakan UNBK. Namun belakangan bertambah dua SMK lagi yang mengajukan diri untuk ikut melaksanakan UNBK.

Advertisement

“Sampai saat ini jumlah SMA pelaksana UNBK sebanyak 19 SMA, sedangkan SMK, dari semula tercatat ada 27 SMK yang dinyatakan siap, namun belakangan menyusul 2 SMK lagi yang mengajukan diri. Untuk dua SMK tersebut sudah kami lakukan verifikasi dan dua SMK tersebut dinyatakan siap,” ungkap Unggul.
Kasi Kurikulum Disdikpora Solo, Budi Setiono, menambahkan dua SMK yang menyusul tersebut adalah SMK IT Smart Informatika dan SMK Murni 2.

Unggul menjelaskan untuk memastikan persiapan sekolah-sekolah tersebut tim langsung turun ke lokasi mengecek fisik ketersediaan sarana, prasarana, dan fasilitas di masing-masing sekolah.

“Bahkan sudah dilakukan simulasi ujian di sekolah-sekolah tersebut. Saat ini sekolah siap,” tambah Unggul.

Advertisement

Ditemui terpisah, Wakil Kepala SMAN 3 Solo, Mujapar, mengungkapkan kesiapan sekolah tersebut menjelang penyelenggaraan UN. SMAN 3 Solo merupakan salah satu dari SMA/SMK pelaksana UNBK 2015. Sedangkan untuk tahun ini, persiapan SMAN 3 dioptimalkan dengan menambah satu laboratorium komputer untuk memfasilitasi siswa-siswa sekolah tersebut mengikuti UN.

“Tahun ini kami menambah satu lab lagi,” kata Mujapar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif