Teknologi
Kamis, 28 Januari 2016 - 09:10 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Kursi Roda Bikinan LIPI Ini Digerakkan dengan Sinyal Otak

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kursi Roda Elektrik (Youtube)

Teknologi terbaru kursi roda elektrik berbasis sinyal otak dibikin LIPI.

Solopos.com, BANDUNG — Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperlihatkan hasil riset kursi roda elektrik berbasis sinyal otak  atau yang biasa dikenal dengan Electro Encephalo Graphy (EEG) yang telah dikembangkan selama tiga tahun terakhir.

Advertisement

Teknologi terbaru kursi roda itu dapat bergerak sesuai dengan perintah sinyal otak penggunanya. Untuk menggunakan kursi roda ini penggunanya harus menggunakan penutup kepala berbentuk kupluk yang telah dipasangi alat sensor otak yang akan terhubung ke micro controller.

“Ada 32 titik di otak yang akan komunikasi mengirim sinyal. Kita tidak tau di daerah mana sinyal yang akan ditangkap dan berubah jadi gerakan,” tutur peneliti bidang instrumentasi dari UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Arjon Turnip, dilansir Detik, Rabu (27/1/2016), di Bandung.

Advertisement

“Ada 32 titik di otak yang akan komunikasi mengirim sinyal. Kita tidak tau di daerah mana sinyal yang akan ditangkap dan berubah jadi gerakan,” tutur peneliti bidang instrumentasi dari UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Arjon Turnip, dilansir Detik, Rabu (27/1/2016), di Bandung.

Alat yang dipasang di kepala itu harus disuntikkan gel elektroda supaya bisa terhubung ke software yang ada di laptop melalui amplifier dan micro controller. “Kadang sinyal ada noise karena otak manusia kan bisa berubah dengan cepat. Konsentrasinya tidak konsisten,” tuturnya.

Untuk pengaman,  teknologi terbaru kursi roda juga sensor supaya tidak menabrak dalam jarak tertentu. “Untuk menjaga saat pengguna kursi roda tersebut tidak konsentrasi,” jelas Arjon.

Advertisement

Namun, sensor yang dipasang di kursi roda tersebut masih belum bisa menangkap objek di kemiringan tertentu sehingga beberapa kali menabrak. “Masih perlu pengembangan dan perbaikan seperti sensor dan motor roda supaya bisa berbelok lebih akurasi,” tuturnya.

Hal serupa diungkapkan Wakil Kepala LIPI, Akmadi Abbas, terdapat beberapa penelitian instrumentasi strategis yang sangat penting untuk dikembangkan, salah satunya adalah pengembangan teknologi terbaru alat medis.

Menurutnya produk teknologi terbaru dari luar negeri masih mendominasi kebutuhan alat-alat di Indonesia sehingga menyebabkan ketergantungan.

Advertisement

“Selama ini, kita masih memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap produk-produk luar negeri. Padahal biaya produksinya sangat tinggi, proses pengadaannya sulit dan pemahaman sumber daya manusia lokal terhadap produk luar juga rendah,” kata Akmadi, dikutip dari Kantor Berita Antara, Rabu.

Meski begitu, teknologi terbaru kursi roda elektrik itu belum bisa digunakan langsung untuk umum, namun telah dipresentasikan ke Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran yang juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin untuk pengembangannya.

“Teknologi terbaru kursi roda elektrik masih belum bisa bila digunakan langsung oleh masyarakat, masih dalam tahap pengujian, belum tahu bila digunakan oleh difabel yang sebenarnya. Makanya kita bekerja sama dengan dokter untuk mengetahui seperti apa yang dibutuhkan oleh pasien seperti itu,” kata Arjon.

Advertisement

Selain itu LIPI juga bekerja sama dengan berbagai lembaga penelitian, perguruan tinggi serta swasta untuk dapat mempercepat dan peningkatan pembangunan penelitian.

“Saat ini LIPI sedang mempersiapkan kerja sama dengan Universitas Nasional Pusan, Korea Selatan. Selain itu LIPI akan melakukan kerja sama pengembangan SDM bersama ahli-ahli dari ITB, UGM, Unpad dan UI,” pungkasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif