News
Kamis, 28 Januari 2016 - 03:10 WIB

NUKLIR KOREA UTARA : “Nuklir Korut Jadi Ancaman Dunia”

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menlu AS John Kerry (Telegraph.co.uk)

Nuklir Korea Utara disebut telah menjadi tantangan keamanan dunia.

Solopos.com, SOLO – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry menyebut program nuklir Korea Utara menjadi sebuah tantangan keamanan dunia. John Kerry kepada mendesak Tiongkok meningkatkan tekanannya menyusul uji nuklir terkini negara tetangganya itu.

Advertisement

Pembuatan nuklir Korea Utara menjadi salah satu masalah paling penting terkait keamanan Amerika Serikat, kata diplomat puncak Amerika Serikat itu kepada Wang Yi dalam pemberhentian terakhir kunjungannya ke negara Asia.

Pejabat Amerika Serikat sebelumnya menyatakan masalah itu akan menjadi yang utama dalam pembicaraan Kerry, dengan menambahkan bahwa Kerry tidak merahasiakan apa pun terkait keyakinannya bahwa terdapat hal lebih dapat Tiongkok lakukan untuk memberikan pengaruhnya terhadap Pyongyang.

Dikutip Antara dari AFP, Rabu (27/1/2016), Tiongkok adalah kepala pelindung diplomatik dan pemberi bantuan ekonomi Korea Utara, namun ikatan tersebut merenggang pada beberapa tahun belakangan saat kesabaran Beijing mulai menipis akibat keengganan Pyongyang mengekang nafsu nuklirnya.

Advertisement

Setelah uji terakhir pada 6 Januari, saat Pyongyang menyebutkan menguji bom hidrogen diperkecil, yang dibantah sejumlah pakar, Tiongkok mengatakan mereka sangat menentang ulah Korea Utara itu dan memanggil diplomatnya.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif